• dinas pangan
Kota  

Bahas Apa Wali Kota Temui Gubernur

BERBINCANG- Gubernur H. Rusdy Mastura dikunjungi Wali kota Palu Hadiyanto Rasyid bersama jajaran di ruang kerjanya pada Kamis pagi (25/1). FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Gubernur H. Rusdy Mastura dikunjungi Wali kota Palu Hadiyanto Rasyid bersama jajaran di ruang kerjanya pada Kamis pagi (25/1).

Pertemuan kedua pemimpin untuk berdiskusi seputar pembangunan Kota Palu dalam konteks memperkuat Sulteng sebagai penyangga/penopang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Gubernur mengatakan belum lama ini menerima aspirasi warga perihal lahan pemakaman umum di Talise.

Menanggapinya, Wali kota Hadi memaparkan bahwa pemerintah kota sedang menyiapkan lokasi dimaksud sesuai aspirasi yang dibawa ke gubernur.

Dengan catatan masyarakat mesti bersabar dulu mengingat butuh proses dalam penyiapan lahan dimaksud.

“Untuk pematangan lahan paling cepat 2 tahun karena harus diteliti dulu struktur kekerasan tanahnya jangan sampai longsor,”urainya menjelaskan.

Atas penjelasan wali kota, gubernur menyatakan kesiapan mengalokasikan anggaran sebagai dukungan provinsi ke pemerintah kota.

Kemudian gubernur menginginkan agar di Tatanga dibangun sebuah Bantaya sebagai tempat warga bermusyawarah dan siap membantu jika sudah dibentuk panitia pembangunan.

Selanjutnya Ia berharap agar warga Duyu membudidayakan tanaman Anggur supaya kelurahan ini menjadi sentra Anggur.

Selain itu Beliau berharap supaya Pemerintah Kota Palu dapat menangkap potensi Selat Makassar yang dilewati lebih dari 30 ribu kapal dalam setahun.

“Apa yang bisa kita siapkan supaya Palu bisa memasok (logistik) kapal-kapal yang  melewati Selat Makassar,”harap gubernur.

Begitu juga dengan rencana pembangunan komplek olahraga di hutan kota sebagai persiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) dengan Kota Palu sebagai veneu nya.

Sementara untuk meningkatkan konektivitas transportasi maka ke depan gubernur merencanakan pembangunan jalan lingkar luar Kota Palu.

“Saya ini bukan jenius hanya tukang mengkhayal,” Ia berujar tentang mimpi-mimpi besar memajukan Palu.

Setelah panjang lebar berdiskusi, Walikota Hadi menyatakan siap menindaklanjuti saran-saran Gubernur Rusdy yang dulu pernah memimpin Kota Palu dua periode.

“Kami menangkap apa yang disampaikan Pak Gub dan prinsipnya kami setuju,” ujarnya. (*)