banggai
  • dinas pangan

Bakal Calon Bupati Sigi Berlomba-lomba Raih Dukungan Parpol

Calon Bupati Sigi
Sejumlah pasangan calon yang berpotensi maju pada Pilkada Sigi 2024. FOTO: ELSINDO

ELSINDO, SIGI– Kabupaten Sigi tengah memasuki persiapan sengit menjelang tahapan pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang kurang lebih dua bulan lagi. Sejumlah bakal calon Bupati Sigi giat meningkatkan popularitas mereka untuk menarik perhatian partai politik (parpol) dan memastikan dukungan pencalonan.

Nama-nama seperti Moh. Rizal Intjenae, Jamaludin L. Nusu, dr. Nirwansyah Parampasi, Agus Lamakarate, Torki Ibrahim Turra, dan lainnya aktif berlomba-lomba mendapatkan dukungan parpol yang memiliki kursi di DPRD Sigi.

Dengan total 30 kursi, DPRD Sigi menjadi penentu utama dalam pencalonan. Untuk dapat maju sebagai calon Bupati Sigi, pasangan calon harus memperoleh minimal 6 kursi atau setara dengan 20% dari total kursi DPRD Sigi.

Saat ini, pasangan dr. Nirwansyah Parampasi dan Hesty Yulita Rigo Laua Ntahu telah resmi mendapatkan dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Namun, mereka masih membutuhkan tambahan minimal 5 kursi lagi untuk memenuhi syarat pencalonan.

Santer beredar saat ini adalah pasangan Moh. Rizal Intjenae dan Samuel Y. Pongi, dr. Nirwansyah Parampasi dan Hesty Yulita Rigo, Agus Lamakarate dan Samuel Riga serta Husein Habibu dan Ayub Willem Darawia. Pasangan Jamaludin L. Nusu dan Desi Melsandy Pasaua juga ramai diperbincangkan.

Beberapa tokoh lain seperti Hazizah, Nurzain Djaelangkara, Anas Yalitoba, dan Husein Habibu juga mulai mengemuka sebagai calon bupati potensial.

Semua bakal pasangan calon berpotensi meraih dukungan dari koalisi partai di DPRD Sigi, yakni Golkar, Gerindra, Demokrat miliki 5 kursi, Nasdem, PDIP 4 kursi, PBB dan Perindo 2 kursi, serta PKB dan PKS masing-masing 1 kursi.

Dinamika politik ini menunjukkan bahwa perjalanan menuju Pilkada Sigi 2024 bukan hanya tentang meraih dukungan publik, tetapi juga tentang negosiasi strategis dengan parpol.

Melihat dari fakta politik saat ini, berikut analisis pemetaan potensi bakal calon Bupati Sigi yang berpeluan diusung oleh gabungan parpol di DPRD Sigi.

Pertama, Moh. Rizal Intjenae atau Hazizah dipasangkan dengan Samuel Y Pongi berpotensi meraih dukungan dari partai Golkar dan PBB, total 7 kursi.

Kedua, Jamaludin L Nusu dipasangkan dengan Desi Melsandy Pasaua perpotensi raih dukungan dari partai Gerindra dan Perindo, dengan total 7 kursi.

Ketiga, dr Nirwansyah Parampasi yang telah resmi mendapat dukungan dari PAN berpasangan dengan Hesty Yulita Rigo, berpotensi mendapat tambahan dukungan dari PDIP dan Perindo atau Gerindra.

Keempat, Husen Habibu dipasangkan dengan Ayub Darawia, berpotensi dapat dukungan gabungan partai Demokrat dan PKS atau PKB.

Kelima, Agus Lamakarate dipasangkan dengan Samuel Riga, berpotensi mendapat dukungan dari gabungan Partai Nasdem, PKS dan PKB atau Perindo.

Namun, analisa diatas masih sebatas perbincangan politik lokal saat ini. Bahkan tak menutup kemungkinan hanya ada tiga pasangan calon saja yang bertarung di Pilkada Sigi.

Dalam pemetaan potensi ini, koalisi antar partai menjadi kunci utama dalam menentukan bakal calon yang akan diusung dalam Pilkada Sigi 2024.(**)

*Follow Saluran WhatsApp elsindo.id untuk terus update berita Sulteng dengan mengklik tautan ini.