• dinas pangan
Kota  

Balai Bahasa Gelar Bimtek Peningkatan Kemampuan Generasi Muda

FOTO BERSAMA- Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulteng, Asrif, foto bersama pemateri dan peserta Bimtek Peningkatan Kemampuan Generasi Muda dalam Meresensi dan Membedah Buku di Palu, Kamis, 13 Juli 2023. FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Temgah (Sulteng) menggelar Bimtek Peningkatan Kemampuan Generasi Muda dalam Meresensi dan Membedah Buku di Palu, Kamis, 13 Juli 2023.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuannya dalam mengakses buku, kemudian membaca dan menafsirkan, mengintegrasikan, mengevaluasi, serta mereklefsi informasi yang ada di dalam buku tersebut melalui kegiatan meresensi dan membedah buku,” terang Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulteng, Asrif.

Dikatakan, literasi merupakan bagian penting dalam upaya penumbuhan budi pekerti. Hal itu selaras dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penanaman Budi Pekerti. Aktivitas membaca merupakan salah satu aktivitas yang dilaksanakan untuk mendukung hal tersebut.

Guna mendukung aktivitas membaca, tentu kehadiran buku-buku bacaan yang bermutu sangat dibutuhkan. Penyediaan buku bacaan bermutu adalah faktor penting untuk generasi muda Indonesia mencapai kompetensi literasi, kompetensi numerasi, maupun mengembangkan karakter sesuai profil pelajar Pancasila.

Buku bacaan bermutu sangat berperan penting dalam penumbuhan minat baca generasi muda. Pemilihan buku yang tidak tepat menjadikan upaya penumbuhan minat baca pada generasi muda tidak efektif dan akhirnya kemampuan berfikir analitis dan kritis serta kemampuan menulis generasi muda tidak akan terasah.

Buku juga dapat berperan sebagai jendela bagi pembaca untuk memperkaya wawasan tentangobjek, kejadian, dan peristiwa yang terjadi di tempat lain.

“Oleh karena itu, Balai Bahasa Sulawesi Tengah mengambil langkah nyata dengan melatih generasi muda (pelajar SMA) melalui kegiatan Bimtek Peningkatan Kemampuan Generasi Muda dalam Meresensi dan Membedah Buku,” tandas Asrif. (CHL)