• dinas pangan

Bank Mandiri Targetkan Penyaluran KUM Rp224 Miliar

Kantor Bank Mandiri Area Palu yang berlokasi di Jalan Samratulangi, Kota Palu. FOTO : istimewa.

ELSINDO, PALU – Pada tahun ini, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Palu menargetkan untuk penyaluran produk khususnya Kredit Usaha Mikro (KUM) sebesar Rp224 miliar. 

 

“Kredit Usaha Mikro (KUM) adalah murni produk komersial kita Bank Mandiri,” kata Area Transaction & Funding Manager Bank Mandiri Area Palu, I Made Suwastika, Selasa, 24 Januari 2023.

 

Ia mengaku untuk jumlah angka penyaluran Kredit Usaha Mikro (KUM) di Bank Mandiri Area Palu relatif jauh lebih kecil dibanding dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

 

“Memang kalau dihitung-hitung para UMKM pasti maunya KUR karena bunganya lebih murah dari pada produk KUM. Posisi kita sampai Desember 2022 lalu hanya sekitar Rp207 miliar,” tuturnya. 

 

Dari sisi Kredit Serbaguna Mikro (KSM) atau konsumtif, pihaknya menargetkan penyaluran sebesar Rp1,8 triliun. Sedangkan, sisanya yang mencapai Rp1,2 triliun lebih terbagi di KUR dan KUM. 

 

“Secara keseluruhan total penyaluran Rp3,05 triliun khusus tahun ini. Terbagi untuk tiga produk, yakni Kredit Serbaguna Mikro (KSM), Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Usaha Mikro (KUM),” katanya. (TIM