• dinas pangan
Daerah  

Bupati Ajak Umat Hindu Rawat Persatuan

ELSINDO, POSO- Bupati Poso dr. Verna GM Inkiriwang menghadiri Upacara Pitra yadnya (Ngaben Massal) berlangsung di lokasi Pura Udyanasari Taman Indah Desa Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Jumat, 9 Februari 2024.

“Upacara Pitra yadnya (NgabenMassal) yang di landasi oleh semangat gotong-royong, kekompakan dan ketulusan hati masyarakat. Tanpa kekompakan, ketulusan hati dan gotong royong kita akan sulit mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu saya sangat bersyukur dan bangga melihat masyarakat terutama kaum Hindu bersatu dan kompak. Saya berharap kerja sama dan kekompakan tersebut dapat diwujudkan  bersama dalam mendukung program pemerintah,” ungkap Bupati Poso.

Dalam rangkain acara sakral beberapa hari  kedepan juga dilaksanakan Tradisi Potong Gigi (Mesangih).  Menurut Bupati, Tradisi ini merupakan ritual yang sangat mulia dan bermanfaat bagi umat Hindu. Melalui tradisi ini umat Hindu berperan aktif dalam mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki nilai-nilai budi pekerti.

Hal ini merupakan sarana pembentukan kepribadian,sebagai aset kekuatan dalam membangun bangsa. Bupati Poso juga mengajak umat Hindu untuk bersama-sama umat lainnya tetap selalu menjaga kebersamaan, persatuan, dan kesatuan. 

“Dengan terciptanya kerukunan, persatuan dan kesatuan kita  optimis  semua program  Pemerintah akan berjalan dengan baik hingga upaya mewujudkan kabupaten Poso yang tangguh dan terdepan akan tercapai” terangnya.

Hadir pada acara tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Ellen Ester Pelealu, SE, Ketua PMI Kabupaten Poso, Royke W Kaloh SE,M.SI, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Poso, para Pinandita, para OPD Pemda Poso, camat dan unsur tripika Kecamatan Poso Pesisir Utara,  kades se-Kecamatan Poso Pesisir Utara, KetuaPHDI Kecamatan Poso Pesisir Utara, seluruh rumpun keluarga yang berduka, serta tamu undangan lainnya. (*)