banggai
  • dinas pangan

Bupati Sigi Bentuk Tim Khusus Tangani Penjualan Lahan ke WNA di Desa Toro

Penjualan Lahan
Bupati Sigi, Mohamad Irwan saat menerima langsung perwakilan Masyarakat Adat dari Desa Toro, Kecamatan Kulawi, di Aula Kantor Bupati Sigi di Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota. FOTO: PROKOPIM KABUPATEN SIGI

ELSINDO, SIGI- Bupati Sigi, Mohamad Irwan telah memerintahkan pembentukan Tim Khusus untuk menangani dugaan penjualan lahan oleh oknum Desa Toro kepada seorang yang diduga Warga Negara Asing (WNA) yang berkeinginan membeli lahan di desa tersebut.

Instruksi tersebut disampaikan oleh Bupati Sigi saat menerima perwakilan Masyarakat Adat dari Desa Toro, Kecamatan Kulawi, di Aula Kantor Bupati Sigi di Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota, pada Senin, 19 Februari 2024.

Bupati Mohamad Irwan mengekspresikan kekecewaannya atas dugaan penyalahgunaan wewenang dalam penjualan lahan Hutan Adat di Desa Toro. Ia menyerukan agar tim melakukan investigasi langsung ke lokasi untuk mengidentifikasi penyebab dan pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, juga menekankan pentingnya respons cepat dari tim yang ditugaskan untuk mengidentifikasi masalah di lapangan. Jika ditemukan pelanggaran atau ketidaksesuaian, tindakan sesuai ketentuan yang berlaku akan segera diambil.

Pertemuan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sigi, Kabag Hukum Setda Sigi, Kabag Pemerintahan Setda Sigi, serta perwakilan Masyarakat Adat Desa Toro. Kegiatan ditutup dengan foto bersama sebagai bukti komitmen dalam menangani masalah tersebut.(**)