• dinas pangan
Daerah  

Bupati Sigi Temui Gubernur, Usulkan Peningkatan Sejumlah Ruas Jalan

Bupati Sigi, Mohamad Irwan didampingi Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sigi, Edi Mils temui Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura. FOTO: IST

ELSINDO, PALU– Bupati Sigi, Mohamad Irwan melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, di Ruang Kerja Gubernur Sulawesi, Rabu, 16 Agustus 2023.

Turut serta dalam pertemuan itu Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sigi.

Dalam pertemuan itu, Bupati Sigi melaporkan terkait situasi dan kondisi terakhir peninjauan lokasi terdampak Gempa Bumi di Desa Lemban Tongoa. Selain itu, Bupati juga melaporkan terkait kondisi infrastruktur baik jalan maupun jembatan sebagai akses menuju Lemban Tongoa.

Dalam pertemuan ini, Bupati Sigi juga mengusulkan kepada Gubernur Sulteng terkait peningkatan ruas jalan Palu-Palolo, Palolo-Manggalapi dan lingkungan transmigrasi hingga batas Sausu Kabupaten Parigi Moutong, guna memudahkan konektivitas jaringan jalan di Kabupaten Sigi dan juga memudahkan proses evakuasi saat terjadi Bencana Alam.

Selain ruas jalan Lemban Tongoa, Bupati Sigi juga mengusulkan Koridor jalan Palu-Palolo, Kapiroe-Rahmat dan Rahmat-Tongoa yang melewati beberapa Desa yaitu Kapiroe, Sintuvu, Karunia, Bulili dan Kamarora B untuk ditingkatkan kepada Gubernur Sulteng. “Ruas jalan ini perlu ditingkatkan, mengingat jalan lain yang tersedia memiliki jarak tempuh yang lebih lama,” kata bupati.

Gubernur Sulteng dalam hal ini segera menindaklanjuti usulan dari Bupati Sigi terhadap kondisi di Lemban Tongoa dan Palolo. Gubernur menjadikan usulan tersebut sebagai prioritas di Tahun 2024, agar nantinya konetivitas antar daerah dapat terkoneksi dengan mudah dan perekonomian masyarakat pun dapat meningkat.(**)