• dinas pangan
Kota  

CJH Palu Mulai Rekam Biometrik Visa

MENGURUS VISA- Salah seorang jemaah calon haji, saat mengurus dokumen visa di Kantor Kemenag Palu, baru-baru ini. FOTO:IST

ELSINDO, PALU– Kebijakan keberangkatan haji tahun 2023, memiliki beberapa persyaratan dokumen yang perlu disiapkan oleh para calon jemaah haji (CJH) dalam proses penerbitan visa haji. Salah satu diantaranya yakni perekaman biometrik visa, yang di laksanakan di Kantor Kementerian Agama se-Indonesia.

Termasuk Kantor Kementerian Agama Kota Palu, melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, menggelar rekam biometrik visa bagi calon jemaah haji yang dimulai sejak beberapa waktu lalu, hingga saat ini.

Perekaman dilakukan sebagai bentuk kemudahan dan percepatan proses imigrasi calon jemaah haji saat berada di Arab Saudi nantinya. Kali ini Kembali berdatangan jemaah haji untuk melakukan perekaman biometrik visa, di ruang seksi PHU Kantor Kemenag Kota Palu, baru-baru ini.

Kasi PHU Kemenag Kota Palu, H. Burhan Munawir mengatakan, proses perekaman biometrik per jemaahnya tidak sampai memakan waktu lama. Jika lancar bisa di lanjutkan dengan sejumlah jemaah yang lebih banyak.

“Aplikasi saudi visa bio merupakan, bentuk kesepakatan antara Kemenag dengan pihak otoritas Arab Saudi, untuk memudahkan jemaah haji dalam membuat visa tanpa perlu mengunjungi kedutaan dan konsulat Arab Saudi, atau penerbitan visa di Indonesia,” ujarnya.

Secara teknis, kata Burhan, aplikasi ini dapat merekam biometrik jemaah haji sebagai syarat penerbitan visa. Saat jemaah belum melakukan perekaman, akan terkonfirmasi pada sistem MoFA atau The Ministry of Foreign Affairs atau Kementerian Luar Negeri, saat dilakukan proses Fill Mofa Form (FMF).

“Perekaman Biometrik visa berguna untuk mempercepat proses imigrasi jemaah haji di bandara, baik kedatangan di Jeddah maupun Madinah,” jelasnya. (*/AH)