banggai
  • dinas pangan

Dispar Sulteng Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Ekonomi Kreatif

ELSINDO, PALU– Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif di salah satu Hotel di Palu pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Sulteng, Diah Agustiningsih mengungkapkan, kepariwisataan saat ini mengalami kemajuan pesat dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, dan perkembangan daya tarik wisata.

“Hal ini berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi kreatif sebagai penopang pengembangan kepariwisataan di daerah,” kata Diah.

Diah mengatakan, perkembangan kunjungan wisata yang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi kreatif berpotensi terus meningkat, karena kegiatan wisata tidak hanya mencari kesenangan, melainkan telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dalam aktivitas hidupnya. Dampak ini turut mendorong pertumbuhan dan perkembangan kegiatan ekonomi kreatif.

“Selain itu, kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif saling terkait dan kompleks, mencakup berbagai sektor dan bentuk kegiatan yang dinamis dan berkembang mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu, pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif akan mengalami perubahan fisik dan sosial yang terus berlangsung seiring dengan pembangunan sarana prasarana dan fasilitas lainnya,” ujarnya.

Diah mengatakan, perencanaan pariwisata dan ekonomi kreatif dimulai dengan pembangunan fisik daya tarik wisata serta mempromosikan kreativitas masyarakat.

“Dalam pelaksanaannya, keberhasilan pengembangan ekonomi kreatif di daerah sangat tergantung pada sumber daya manusia yang memadai. Masyarakat turut berperan aktif dalam memberikan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan kepariwisataan serta ekonomi kreatif di daerah,” jelasnya.

“Maka dari itu, diselenggarakanlah kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas sumber daya manusia ekonomi kreatif, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sektor ekonomi kreatif (up-skilling) dan mengenali serta mendorong potensi ekonomi kreatif di daerah,” katanya.

Acara tersebut diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir pada pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif Tahun 2023. (*/AM)