• dinas pangan

Dispar Sulteng Tingkatkan SDM Masyarakat Parigi Agar Setara dan Berdayasaing

ELSINDO, PARIGI- Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, menggelar Pelatihan Peningkatan Peran serta Masyarakat dalam Kemitraan Pariwisata di salah satu hotel di Parigi, baru-baru ini.

Kepala Dispar Sulteng, Dra. Diah Agustiningsih mengatakan, pembangunan sektor pariwisata memerlukan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat, termasuk pelaku usaha dan tenaga kerja.

“Dalam era globalisasi ini, persaingan di bidang sumber daya manusia semakin ketat. Oleh karena itu, peningkatan kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia di sektor pariwisata perlu terus ditingkatkan,” ujar Diah.

Diah mengatakan, tujuan dari pelatihan ini adalah sebagai bagian dari komitmen pemerintah daerah, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama dalam meningkatkan keterampilan tenaga kerja.

“Kita harus berusaha agar kualitas sumber daya manusia di daerah ini tidak tertinggal jauh dibandingkan daerah lain, yang sudah memiliki kualitas sumber daya manusia yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam menghadapi tantangan dari perkembangan globalisasi, Diah menyebutkan, masuknya tenaga kerja asing yang memiliki kompetensi tinggi. Oleh karena itu, penting bagi sumber daya manusia lokal untuk memiliki kualitas yang setara agar bisa bersaing. Hal ini akan mencegah mereka menjadi penonton atau tamu di daerah mereka sendiri.

“Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan nilai tambah bagi peserta sehingga mereka lebih siap dan kompeten dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing,” pungkasnya. (*/AM)