banggai
  • dinas pangan

DPRD Palu Soroti Progres Pembangunan Huntap Tondo ll dan Talise Valangguni

Panitia Khusus (Pansus) Rehab Rekon, DPRD Kota Palu menyampaikan terkait Hunian Tetap (Huntap) Tondo 2 dan Talise Valangguni. FOTO : Fikri

ELSINDO, PALU – Melalui Panitia Khusus (Pansus) Rehab Rekon, DPRD Kota Palu menyoroti terkait dengan progres pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Tondo ll dan Talise Valangguni. 

Ketua Pansus, Moh Syarif mengungkapkan bahwa telah melakukan peninjauan dan menemukan hanya ada 961 unit Huntap yang sudah dibangun dari ditotal 1.055 unit Huntap II Tondo Palu.

“Masa kontrak pekerjaan yang dilaksanakan PT Adhi Karya dan PT Bumi Karsa berakhir pada 16 Juni 2024. Jangan sampai penyerahan ini setengah-setengah harusnya diselesaikan semua, sudah mau berakhir masa kontrak, kita tidak tau mereka adendum atau bagaimana,” ujar Syarif, Rabu, 12 Juni 2024.

Diakuinya, peresmian dan penyerahan kunci nantinya harus diperlihatkan terkait dengan seluruh progres pembangunan huntap tersebut. Dirinya sendiri menyayangkan progres pembangunan unit Huntap jauh dari yang diharapkan bersama.

“Kita tidak boleh perlihatkan yang indah-indah, tapi kita perlihatkan semua kepada Menteri seluruh progres pembangunan huntap itu, bukan pansus saja yang berkoar-koar tapi pemerintah pusat juga harus melihat pemenang tender ini, karna mereka memberikan subkon kepada pekerja-pekerja lokal, sementara kualiatas pekerja itu kami tidak ketahui,” ujarnya menambahkan.

Sementara Wakil Ketua Pansus, Ahmad Umaiyer juga menyampaikan bahwa dari 961 unit Huntap II Tondo Palu yang sudah dibangun, hanya ada 30 unit mulai dirapikan. Hal tersebut, kata dia, mengingat waktu penyerahan kunci dan kontrak pekerjaan yang akan segera berakhir.

“Sekitar 30 unit yang dirapikan, apakah ini yang mau diserahkan atau secara keseluruhan, seharusnya pekerjaan ini sudah diselesaikan mulai dari air bersih, jalan, drainase rusak, pondasi talud amblas, trotoar dan lain sebagainya masih banyak yang amburadul,” ungkapnya.

Apalagi dalam waktu dekat, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan akan berkunjung ke Kota Palu. Kata dia, dengan agenda melihat langsung prosesi penyerahan unit Huntap kepada warga penyintas.

“PANSUS Rehab-Rekon ini sudah masuk 4 tahun. Pansus terlama yang ada di DPRD Kota Palu. Kenapa terlama, karena proses penyelesaian pembangunan Huntap belum juga selesai-selesai. Dari pembangunan 1.055 unit Huntap 2 di Tondo, yang terbangun baru 961. Jadi, masih ada sisanya yang belum dibangun,” jelasnya. (FA)