• dinas pangan

Enam Kabupaten Dapat Penghargaan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting

REMBUK STUNTING- Tampak suasana pembukaan Rembuk Stunting dan Pemberian Penghargaan Aksi Konfergensi Penurunan Stunting Terintegrasi Kabupaten/ Kota se-Sulawesi Tengah Tahun 2023, dihadiri Wakil Gubernur Ma'mun Amir di Kantor Bappeda Sulawesi Tengah, Rabu, (12/07/23). FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Enam kabupaten di Sulawesi Tengah (Sulteng) mendapat penghargaan atas kinerja dalam aksi konvergensi penurunan stunting terintegrasi. Kelimanya adalah Banggai, Parigi Moutong, Morowali, Sigi, dan Banggai Kepulauan.

Penghargan diserahkan pada acara Rembuk Stunting dan Pemberian Penghargaan Aksi Konfergensi Penurunan Stunting Terintegrasi Kabupaten/ Kota se-Sulawesi Tengah Tahun 2023, oleh Wakil Gubernur Ma’mun Amir di Kantor Bappeda Sulawesi Tengah, Rabu, (12/07/23).

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tengah H.Rusdi Mastura telah mengeluarkan surat penetapan hasil penilaian kinerja enam kabupaten tersebut. Masing-masing menerima penghargaan dengan kategori yang berbeda.

Wakil Gubernur Sulteng menyampaikan rembuk stunting merupakan tindak lanjut pelaksanaan aksi ke- 3 dari delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting integrasi sekaligus sebagai bentuk pengendalian pelaksanaan konvergensi penurunan stunting di tingkat provinsi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Selain itu, sebagai wujud komitmen bersama antar semua pihak, hari ini juga kita akan melakukan penandatanganan komitmen penanggulangan dan percepatan penurunan stunting terintegrasi di Provinsi Sulawesi Tengah,” ucap Wagub.

Kata dia, Pemprov Sulteng melalui TPPS telah melaksanakan salah satu bentuk pengendalian pelaksanaan konvergensi penurunan stunting di tingkat provinsi melalui penilaian kinerja 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting kabupaten/kota tahun 2023 di 13 kabupaten/kota.

“Perjuangan mencegah dan menurunkan stunting ini tidak sulit selama koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik dari semua pihak. Tantangan tentu selalu ada, namun jadikan tantangan tersebut sebagai semangat dan dorongan kita semua dalam menjalankan komitmen bersama mewujudkan Sulawesi Tengah lebih maju dan sejahtera. Cegah stunting itu penting untuk generasi Indonesia gemilang,” ujar Ma’mun.

Adapun lima kabupaten yang menerima penghargaan dan kategorinya berdasarkan Surat Gubernur Nomor 400.7.15.5/328/Bappeda-G.ST/2023 tentang Penetapan Hasil Lenilaian Kinerja Kabupaten Lokus Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi Kab/Kota Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai berikut:

Kategori Khusus

1. Kabupaten Sigi
2. Kabupaten Poso
3. Kabupaten Morowali

Kategori Terbaik
1. Kabupaten Banggai Laut (terbaik I) skor 130 point, Kabupaten Balut mampu menurunkan angka stunting dari 26,1% pada tahun 2021 menjadi 20% pada tahun 2022.

2. Kabupaten Parigi Moutong (terbaik II) 126 point, Kabupaten Parigi mampu menurunkan angka stunting stun dari 31,7% pada tahun 2021 menjadi 27,6% pada tahun 2022.

3. Kabupaten Banggai (terbaik III) skor 125 point Kabupaten Banggai mampu menurunkan angka stunting dari 26% pada tahun 2021 menjadi 24,3% pada tahun 2022. (*/CHL)