• dinas pangan

Expo Zhar 2023, Siswa Tampilkan Karya Penelitianya

Direktur Yayasan Al Azhar Mandiri Palu, Abdul Basit, saat mengunting pita peresmian pameran Expo Zhar 2023, belum lama ini. /FOTO: IST

ELSINDO, PALU- SMP Al Azhar Mandiri Palu, menggelar Expo Zhar 2023. Kali ini di Expo itu sejumlah siswa menampilkan hasil karya penilitianya, sesuai dengan bakat yang ditekuninya.

Di Expo kali ini juga, Direktur Yayasan Al Azhar Mandiri Palu, Abdul Basit mengapresiasi, semua siswa terlibat dalam mendesain pangung hingga pameran karya yang mereka tampilkan.

“Saya begitu bangga kepada para siswa, meskipun masih SMP, tetapi sudah bisa mengadakan event yang cukup megah ini. Meski para guru saya tetap mendampingi siswanya, namun kreativitas para siswa yang di event Expo Zhar tersebut, menurut saya luar bias,” kata Basit, di Palu, belum lama ini.

Basit menyampaikan pesan, kepada siswa agar menjaga ahklak yang baik, sopan dan terpenting tidak boleh sombong.

“Tidak boleh anak-anak Al Azhar punya sifat sombong, jangan mentang-mentang bapak saya pejabat, orang pembisnis, orang kaya, dan lainya, tidak boleh ada yang seperti itu, semua sifat siswa Al Azhar itu dalam ajaran Islam harus tawadhu atau merendahkan diri,” katanya.

Sekali lagi, Basit mengapresiasi para siswa yang begitu kreatif dalam mendesain kegiatan Expo Zhar, bisa meriah dan tetap menjaga kebersihan.

“Saya salut dengan apa dikerjakan siswa SMP Al Azhar, maka jika kita siswa yang jaga, maka akan dikenal oleh orang. Kenapa banyak orang yang masuk di Al Azhar, karena dikenal anak-anaknya sopan, ketemu guru cium tangan, bukan guru minta di hormat, tetapi kamu didik di sekolah inNo untuk menghargai orangtua dan guru,” ujarnya.

Basit mengatakan, salah satu bukti siswa menghargai guru yakni mencium tangan, walaupun di rumah atau ditempat lain tidak demikian, tetapi itu dibuat agar siswa terbiasa menghargai guru.

“Salut buat anak-anak SMP Al Azhar Mandiri Palu, sudah cerdas dan berahklak. Kemudian pintar berbahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia, pintar agama berceramah dan lainya, itu baru cerdas, alkhlak itu adalah karakter siswa,” ungkapnya.

Basit menekankan, jangan di Al Azhar jika sombong, jangan anaknya pejabat kemudian tidak mau di hukum atau dibina, itu tidak boleh.

“Jadi hilangkan kesombongan di Al Azhar, jangan sampai saya dengar ada anak-anak sombong dan iri hati dimanapun, kita mau mendidik anak-anak untuk menghormati,” imbuhnya.

Dalam Expo Zhar ini, sejumlah siswa tampilkan karyanya di masing-masing kelasnya, lewat pameran sesuai hasil penilitianya. Misalnya dari sisi biologi ada siswa yang mempresentasekan batang kelor bis a membasmi hama. (*/AH)