• dinas pangan
Daerah  

Festival Lestari Diharap Lahirkan Banyak Inovasi dan Ide Baru

PEMBUKAAN- Wakil Gubernur Sulteng Drs. H. Ma'mun Amir didampingi pejabat terkait membuka festival Lestari yang kelima di Bukit Doda Kabupaten Sigi, Jumat 23 Juni 2023. FOTO: IST

ELSINDO, SIGI- Wakil Gubernur Sulteng Drs. H. Ma’mun Amir didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Fachrudin D. Yambas, Bupati Sigi, Irwan Lapata S.Sos., M.Si serta stakeholder lain secara resmi membuka festival Lestari yang kelima ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Bukit Doda Kabupaten Sigi, Jumat 23 Juni 2023.

Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Fachrudin D. Yambas, menyampaikan Sulawesi Tengah memiliki potensi besar untuk pengembangan investasi hijau dengan luas hutan sekitar 64% dari luas daratan serta memiliki cagar biosfer lore lindo yang merupakan rumah bagi spesies flora dan fauna.

Lore Lindu tidak hanya menjadi rumah bagi beragam kehidupan tumbuhan dan hewan tapi memiliki sejarah panjang tentang peradaban manusia salah satunya situs megalitikum yang berasal dari ribuan tahun lalu.

“Melalui festival ini akan melahirkan lebih banyak lagi inovasi dan ide baru dalam merumuskan formula pembangunan berkelanjutan sesuai dengan kondisi dan juga kearifan lokal masyarakat setempat,” ujarnya.

Menurut beliau forum bisnis dan investasi inovasi basis alam merupakan yang pertama di Indonesia dan mengangkat secara serius pendekatan ekonomi Lestari dan keterkaitan rantai pasok dengan usaha melindungi keanekaragaman hayati bumi Indonesia.

Sementara itu Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta S.Sos, M.Si menjelaskan Festival Lestari adalah wadah bersama untuk merayakan dan mempromosikan kemajuan implementasi pembangunan lestari.

Festival Lestari hadir sebagai sarana untuk membuka dan mempererat gotong royong untuk cita-cita bersama mencapai pembangunan lestari di daerah dan berkomitmen untuk melindungi setidaknya lima puluh persen (50%) hutan, gambut, dan ekosistem penting lainnya, serta meningkatkan kesejahteraan satu juta keluarga petani dalam yurisdiksi kabupaten dengan mengembangkan jejaring gotong royong multipihak.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 23 sampai 25 Juni 2023 bertempat di Bukit Doda dan Taman Taiganja Kalukubula Kabupaten Sigi. (*/CHL)