• dinas pangan

Hartadi Fokus Tata Lingkungan SMP Labschool Untad Palu

Hartadi Gatot/FOTO:IST

ELSINDO, PALU- SMP Labschool Untad Palu, saat ini memiliki Kepala Sekolah baru yakni  Hartadi Gatot, untuk langkah awal yang dilakukanya dalam memimpin sekolah swasta tersebut, dirinya langsung membuat gerakan bersih-bersih lingkungan.

Usai dilantik, Hartadi mengaku, langsung melakukan pertemuan dengan sejumlah guru, sebagai perkenalan sekaligus menyampaikan program yang akan dibuatnya tahun ini.

“Saya sudah sampaikan pada rapat perdana bersama dengan semua guru di SMP Labschool, bahwa saya memiliki program-program untuk jangka panjang, pendek, menegah maupun prioritas, tentunya sesuai skala-skala waktu,” kata Hartadi, di ruang kerjanya, Senin, 6 Februari 2023.

Olehnya itu, kata Hartadi, untuk program prioritas pertama pihaknya fokus terhadap lingkungan. “Saya telah mengajak para guru berkolaborasi dalam menata lingkungan sekolah, agar terlihat bersih dan indah untuk dipandang,” ungkapnya.

“Jadi program pertama saya yakni program gerakan aksi bersih bina lingkungan, tentunya tidak mengeluarkan uang, tetapi bagaimana kita bekerja cerdas dengan berkolaborasi dalam mengelola lingkungan,” katanya.

Selain itu, kata Hartadi, SMP Labschool selain dibawah binaan Disdikbud Palu, tetapi juga tidak lepas dari Pusat Pengembangan Usaha Universitas Tadulako.

“Kita harus berkolaborasi dengan dua instansi tersebut, dalam rangka merancang program-program kedepanya, yang pertama adalah pembinaan siswa baik akademik maupun non akademik, yang harus masuk dalam RKAS,” ujarnya.

Artinya, kata Hartadi, mulai sekarang akan digiatkan lagi bagaimana siswa-siswi di sekolah, bisa terbuka ruang kreasinya untuk berprestasi.

“Kami dari sekolah akan terus mendorong, jadi ada beberapa lomba yang diadakan oleh pemerintah maupun dari swasta, saya dorong siswa SMP Labschool harus ikut, tidak perlu pikirkan biayanya, yang penting anak-anak ikut dulu di event-event tersebut,” ungkapnya.

Bahkan, kata Hartadi, ekstrakurikuler yang sebelumnya tidak ada di SMP Labschool, tetapi ada di sekolah lain, maka di sekolahnya diadakan.

“Kami ingin siswa itu bisa nyaman di sekolah, maka dari itu saya mulai sedikit-sedikit membiasakan siswa untuk menjaga dan menata lingkunganya, kita lakukan aksi bersih-bersih itu setiap hari di pagi hari, tidak perlu lama yang penting lingkungan tetap terjaga bersih, saya harap kita terus kompak dalam membangun serta mengembangkan prestasi sekolah,” ujarnya. (*/AH)