• dinas pangan

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu Kenalkan 15 Inovasi Pelayanan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Soeryo Tarto Kisdoyo, saat memaparkan inovasi layanan kepada sejumlah media cetak maupun online di Palu, di Aula Kantor Imigrasi Palu, Kamis, 21 Desember 2023./ (FOTO:ISTIMEWA)

ELSINDO, PALU– Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, telah aktif menjalankan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) sepanjang tahun 2023. Sebanyak empat Warga Negara Asing (WNA) telah mengalami Pendetensian dan Pendeportasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Soeryo Tarto Kisdoyo menekankan, pentingnya pengawasan terhadap orang asing. Hingga saat ini, telah ada 7 Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) yang beroperasi di enam kabupaten dan satu kota di wilayah kerja Kantor Imigrasi Palu. Selain itu, kata dia, pengawasan juga dilakukan terhadap 16 Warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga terlibat dalam Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Dalam konteks pelayanan, Kantor Imigrasi Palu telah menerbitkan 13.071 buku paspor untuk WNI dan 329 izin tinggal untuk WNA. Sebagai upaya mempermudah masyarakat, pelayanan Eazy Passport diluncurkan dengan 26 kegiatan di wilayah kerja kantor. Selain itu, informasi pelayanan disebarkan melalui berbagai media sosial dan portal resmi.

Menariknya, Kantor Imigrasi Palu juga memperkenalkan 15 inovasi pelayanan, seperti Pataba untuk pelayanan tanpa batas, Bingga untuk penggantian pakaian, Lalampa yang menjangkau pelosok desa, dan banyak lainnya.

“Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan diri dengan masyarakat,” katanya.

Karena inovasi tersebut, Kantor Imigrasi Palu berhasil meraih Penghargaan “SANGAT BAIK” sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

“Inovasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan efisiensi pelayanan tetapi juga mengangkat budaya lokal untuk melestarikan kearifan lokal,” ujarnya. (AM)