banggai
  • dinas pangan

Kepala SMA/SMK Palu dan Sigi Studi Tiru Pendidikan Digital Hingga PPDB Online di Jawa Barat

Studi Tiru
Kadisdik Sulteng, Yudiawati Vidiana, saat foto bersama dengan sejumlah kepala SMA/SMK di Palu dan Sigi, saat studi tiru di Disdik Jawa Timur, Kamis, 29 Februari 2024. (FOTO:IST)

ELSINDO, PALU- Sebanyak 20 Kepala SMA dan SMK, termasuk yang berasal dari sekolah negeri maupun swasta di Kota Palu maupun Kabupaten Sigi, melakukan studi tiru pendidikan di Jawa Barat.

Mereka tertarik untuk mengadopsi program pendidikan di Jawa Barat, terutama terkait penerapan sistem digitalisasi yang terbilang canggih.

“Kami berharap dapat meniru program pendidikan yang sukses di Jawa Barat, terutama dalam hal penerapan sistem digitalisasi yang sangat canggih,” ujar Kristi Aria Pratama, Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Kota Palu dan Sigi, melalui komunikasi ponsel pada Rabu.

Menurut Kristi, kunjungan ini bertujuan untuk memperkaya dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Palu, dengan mengadopsi praktik terbaik yang telah teruji di Jawa Barat.

“Para kepala sekolah berharap, dapat memberikan pengalaman pendidikan yang lebih baik bagi siswa mereka, melalui penerapan teknologi modern,” katanya.

Dalam kunjungan ini, juga didampingi langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulteng, Yudiawati Vidiana, serta Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Sulteng, Yunus.

Kabid SMA, Yunus mengatakan, ada yang patut dicontoh sistem pendidikan di Jawa Barat ini, terutama mengenai proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang semuanya serba digital atau online.

“Artinya bahwa sistem PPDB online yang diterapkan di Jawa Barat ini, dapat ditiru di Sulteng, sebab dalam proses pendaftaranya sangat baik, kemudian pemerataan siswa yang jelas, sesuai fakta zonasi, siswa yang lebih dekat rumahnya dari sekolah itu menjadi prioritas penerimaan,” jelasnya.

Olehnya itu, kata Yunus, di Provinsi Sulteng proses PPDB online ini akan diterapkan pada tahun ini, dan pihaknya juga sudah menyiapkan aplikasi PPDB online tersebut, nanti sekolah tinggal menerapkanya. (del)