• dinas pangan

Media Diharap Lebih Aktif Jalankan Fungsi Kontrol dalam Pesta Demokrasi Pemilu

FOTO BERSAMA- Anggota DKPP RI, Dr Ratna Dewi Pettalolo didampingi pemateri foto bersama awak media peserta giat Ngetren Media di Palu, Rabu (6/9/2023). FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Sebanyak 25 awak media dihadirkan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) RI di Swiss-Bell Hotel Palu, Rabu (6/9/2023).

Ini dalam rangka mengikuti kegiatan Ngobrol Etika Penyelenggara Pemilu dengan Media (Ngetren Media). Kegiatan menghadirkan tiga narasumber.

Narasumber tersebut masing-masing; Anggota DKPP RI, Dr Ratna Dewi Pettalolo SH MH, dengan materi Peran, Tugas dan Kewenangan DKPP Jelang Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

Pemateri kedua, Supriadi, SH, MH, (Dosen Fakultas Hukum Untad Palu), dengan membawakan materi Relevansi Penguatan Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) Tahapan Pemilu Tahun 2024 dari Perspektif Hukum.

Sementara pemateri terakhir, yaitu Fery, S.Sos, M.Si (Wakil Ketua PWI Sulteng), dengan paparan Peran Media Massa dalam Penegakan Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) dan Demokrasi di Indonesia.

Usai kegiatan, Ratna mengharapkan dari pelaksanaan Ngetren Media bisa meningkatkan peran kontrol media dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu).

“Kami berharap media lebih aktif melakukan fungsi kontrol dan bisa terdorong untuk menyampaikan jika ada dugaan pelanggaran, baik Pemilu ataupun kode etik,” ucap Ratna kepada awak media.

Dia juga mengharapkan media bisa membangun sinergitas dengan penyelenggara Pemilu di daerah ini. (CHL)