banggai
  • dinas pangan

NasDem Fit Propertest Calon KSN di Donggala

Nasdem Sulteng melakukan fit and propertest calon KSN Kabupaten Donggala, Minggu 20 Agustus 2023. (Foto: Istimewa)

ELSINDO, PALU – Penentu legitimasi dalam pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), salah satunya yakni kehadiran para saksi. Sebab merekalah yang bertugas menjaga agar pemilu di TPS berjalan dengan adil dan jujur.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Saksi Nasional (KSN) DPW partai NasDem Sulawesi Tengah, Ikhsan, dalam kegiatan fit and proper test calon KSN Kabupaten Donggala, Minggu 20 Agustus 2023.

“ Partai NasDem menilai, saksi adalah perwakilan yang mendapatkan mandat peserta pemilu yang bertugas memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata dia.

Lebih lanjut Ikhsan menyampaikan, fit and proper test bagi calon KSN merupakan awal strategis yang tepat. Hal tersebut dilakukan, karena para calon saksi nantinya harus tahu betul situasi dan kondisi daerah serta TPS yang akan di pantau.

“Para calon saksi harus memahami secara detail dan terperinci tentang aturan – aturan main yang berada di TPS serta harus cermat saat proses penghitungan suara,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, anggota tim fit and proper test Bappilu DPW partai NasDem Sulawesi Tengah, Nasution Camang, mengatakan pemilu 2024, para calon KSN akan berperan sebagai pengelola saksi dari Partai NasDem di setiap TPS. Tugas menjadi saksi, merupakan salah satu yang memiliki peran vital.

“ Tugas utama menjadi saksi partai politik adalah memastikan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara disetiap TPS, berjalan dengan jujur dan adil sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata pria yang juga merupakan Wakil Ketua Media dan Komunikasi DPW partai NasDem Sulawesi Tengah.

Fit and proper test calon KSN kabupaten Donggala ini di ikuti oleh kurang lebih 20 orang yang berasal dari kader partai Nasdem di wilayah Donggala. (*/win)