• dinas pangan

Nirwansyah Parampasi Usung Kesetaraan Perempuan di Sigi, berikut Profil Hesty Yulita Rigo Laua Ntahu

Hesty Rigo
Bakal calon Wakil Bupati Sigi, Hesty Yulita Rigo Laua Ntahu.

ELSINDO, SIGI– Dalam langkah yang menunjukkan komitmen kuat terhadap kesetaraan gender dan inovasi politik, dr. Nirwansyah Parampasi (Om Dokter) bakal calon Bupati Sigi yang dikenal dengan visi progresifnya, telah memilih seorang figur perempuan yang inspiratif untuk mendampinginya dalam Pilkada Kabupaten Sigi.

Pilihan ini mencerminkan semangat Nirwansyah dalam mengusung perubahan dan memberikan suara kepada perempuan di panggung politik lokal, pasca meninggalnya tokoh politik saudara Kristiani yang selama ini terlibat aktif dan populer di kancah politik Sigi. Pendamping barunya ini dikenal luas sebagai sosok yang memiliki integritas tinggi dan dedikasi yang kuat terhadap pembangunan masyarakat.

Berikut profil Hesty Yulita Rigo Laua Ntahu, bakal calon wakil Bupati Sigi 2024.

Hesty Yulita Rigo Laua Ntahu, perempuan kelahiran Kulawi, Kabupaten Sigi, pada 20 Juli 1979, kini berusia 44 tahun, siap melangkah ke kancah politik sebagai bakal calon Wakil Bupati Sigi 2024. Ia akan mendampingi dr. Nirwansyah Parampasi (Om Dokter) dalam ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sigi mendatang.

Hesty, yang akrab disapa Ethy Rigo merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara dalam keluarga yang dihormati di daerahnya.

Ia adalah putri pasangan Anton Rigo dan Maria Laua (alm), seorang bidan yang juga dikenal sebagai suster Maria Laua. Keluarga Laua memiliki sejarah panjang sebagai pelayan agama, dengan menjadi pendeta pertama di wilayah mereka.

Dalam perjalanan pendidikannya, Hesty menamatkan sekolah dasar di SD BK Gimpu pada tahun 1991, kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Palu dan lulus pada tahun 1994. Pendidikan menengah atasnya diselesaikan di SMAN 2 Palu, yang ia tamatkan pada tahun 1997.

Hesty Rigo menikah dengan Yosias Ntahu, seorang tokoh yang juga memiliki jejak politik, pernah menjabat sebagai anggota DPRD Sigi selama dua periode, yakni 2009-2014 dan 2014-2019. Hubungan mereka memperkaya pengalaman dan wawasan Hesty dalam dunia politik dan pelayanan publik.

Keluarga Rigo dan Laua sangat dikenal dan dihormati di komunitas mereka. Banyak anggota keluarga mereka yang menjadi opsir di Gereja BK dan pendeta di Gereja Pantekosta di wilayah Desa Toro dan Salua. Nama keluarga Rigo Laua Ntahu tersebar di wilayah Palolo-Nokilalaki dan Pipikoro-Kulawi, hingga pegunungan Da’a mencerminkan kedekatan dan komitmen mereka dalam melayani masyarakat.

PENCALONAN DALAM PILKADA SIGI 2024

Hesty Yulita Rigo Laua Ntahu mendapatkan dukungan penuh dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), yang telah resmi mengeluarkan rekomendasi model B1KWK untuk pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Sigi, Nirwansyah Parampasi (Om Dokter) dan Hesty Yulita Rigo Laua Ntahu. Dukungan ini menggarisbawahi kepercayaan PAN terhadap kemampuan dan integritas Hesty dalam membawa perubahan positif bagi Kabupaten Sigi.

Dengan latar belakang yang kuat dalam pelayanan publik dan kedekatan dengan masyarakat, Hesty Yulita Rigo Laua Ntahu berkomitmen untuk menjadikan Kabupaten Sigi lebih baik. Dukungan masyarakat dan pengalaman keluarganya dalam pelayanan publik menjadi modal berharga dalam perjalanannya menuju Pilkada Sigi 2024.

“Sebagai putri daerah, saya berkomitmen untuk mengabdikan diri demi kesejahteraan masyarakat Sigi. Bersama dr. Nirwansyah Parampasi, kami akan membawa perubahan positif yang berkelanjutan untuk Kabupaten Sigi. Keterlibatan saya dalam berbagai kegiatan masyarakat selama ini telah membentuk visi dan misi saya untuk memajukan daerah ini dengan lebih baik.” tutur Hesty Yulita Rigo Laua Ntahu.(**)

*Follow Saluran WhatsApp elsindo.id untuk terus update berita Sulteng dengan mengklik tautan ini.