• dinas pangan

O2SN SMK Tingkat Provinsi, Bangkep Raih Lima Medali Emas dengan Predikat Juara Umum

O2sn
Kabid SMK Disdik Sulteng, Zulfikar Is Paudi, saat memberikan hadiah kepada salah seorang pemenang lomba. Senin, 10 Juni 2024. (FOTO:IST)

ELSINDO, PALU- Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng, menggelar Seleksi Olimpiade Olahraga Nasional (O2SN) jenjang SMK tingkat Provinsi, di salah satu Hotel di Palu, Sabtu, 8 Juni 2024.

O2SN
Kabid SMK Disdik Provinsi Sulteng, Zulfikar Is Paudi, bersama Kasi Peserta Didik SMK, Uriani, dan sejumlah dewan juri O2SN, di salah satu lapangan Bulutangkis. Senin, 10 Juni 2024. (FOTO: IST)

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng, Asrul Achmad mengatakan, O2SN ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Disdik Sulteng, karena telah terprogram di Kemendikbud Ristek RI, yang diambil dari tingkat Kabupaten atau Kota, tingkat Provinsi dan Nasional.

“Artinya bahwa output (hasil) dari kegiatan ini adalah munculnya anak-anak yang berprestasi di bidang olahraga, yang nantinya bagi peserta yang meraih juara 1 akan mewakili provinsi Sulteng, di O2SN tingkat nasional,” ujar Asrul.

Asrul mengatakan, sangat yakin dan percaya para pendamping peserta telah mengetahui aturan-aturan atau penyesuaian di Juknis, yang tentunya itu tidak terlalu jauh dengan aturan lama.

“Maka saya berharap kepada bapak ibu pendamping, agar menyerahkan sepenuhnya kepercayaan kepada dewan juri. Saya juga berharap para dewan juri bekerja dengan profesional, yang paling terpenting adalah, bertanggungjawab dengan semua proses dan hasil lomba itu, sehingga menghasilkan anak-anak terbaik dan bisa bersaing tingkat nasional,” jelasnya.

Selain itu, kata Asrul, menang atau kalah itu persoalan biasa, pasti dalam pertandingan ada yang menang dan kalah. Bagi yang menang, jangan sombong terus mempersiapkan diri dalam melanjutkan lombanya hingga ke tingkat nasional.

“Bagi yang kalah jangan putus asa, sebab tahun depan pasti kegiatan ini akan dilaksanakan lagi, maka tetap berusaha dengan giat untuk berlatih, sehingga bisa meraih yang terbaik. Yang terpenting itu adalah pengalaman, jika berusaha dengan tekun, pasti usaha itu akan di kita raih dengan baik,” ujarnya.

“Anak-anakku yang mewakili Provinsi Sulteng ke tingkat nasional, jaga kesehatan, persiapkan mental, sebab di tingkat nasional persaingam cukup ketat,” pesanya.

Kepala Bidang SMK Disdik Sulteng, Zulfikar Is Paudi mengatakan, berdasarkan hasil pertandingan O2SN SMK tingkat Provinsi, yang meraih juara umum dari Kab. Banggai Kepulauan (Bakep), dengan perolehan 5 medali emas. Sementara di urutan kedua Kota Palu raih dua emas, dan Kab. Donggala meraih satu medali emas, disusul Kab. Tojo Una-una dan Kab. Morut, juga meraih satu medali emas, dengan kategori cabang lomba yang berbeda-beda.

“O2SN SMK tingkat Provinsi Sulteng, mengikutkan peserta di lima cabang lomba olahraga diantaranya, Karate, Pencak Silat, Atletik, Renang, dan Bulu Tangkis,” katanya. (del)

*Follow Saluran WhatsApp elsindo.id untuk terus update berita Sulteng dengan mengklik tautan ini.