• dinas pangan

Pemkab Sigi Belajar ke PLTA Singkarak, Menyusuri Sistem Ketenagalistrikan

PLTA Singkarak
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi dalam hal ini Wakil Bupati Sigi, Dr. Samuel Yansen Pongi, SE., M.Si, didampingi oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi, bersama tim, melaksanakan kunjungan belajar ke Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. FOTO: PROKOPIM KABUPATEN SIGI

ELSINDO, TANAH DATAR– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi dalam hal ini Wakil Bupati Sigi, Dr. Samuel Yansen Pongi, SE., M.Si, didampingi oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi, bersama tim, melaksanakan kunjungan belajar ke Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Singkarak yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mempelajari Sistem Ketenagalistrikan wilayah Sumatera Barat. Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten 2 Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala BTNLL beserta jajarannya, Akademisi Universitas Tadulako Palu, Camat Gumbasa, Camat Palolo, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Bidang Pariwisata, serta Kabid Pekerjaan Umum Kabupaten Sigi.

Rombongan tiba di PLN UBP Bukit Tinggi dan disambut oleh Bapak I Nyoman Buda selaku Manajer UBP Bukittinggi. Beliau menyampaikan bahwa selain PLTA Singkarak, UBP Bukittinggi juga mengoperasikan PLTA Maninjau dan PLTA Batang Agam. Ketiga PLTA ini menghasilkan suplai listrik hingga 10.000 MW, memberikan kontribusi signifikan pada suplai listrik dari sumber energi baru terbarukan (EBT) di Sumatera Barat, yang telah mencapai 55,29%.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Samuel Pongi menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan belajar ini. Pemda Sigi ingin mengetahui tata cara perizinan, pembangunan, dampak, serta manfaat bagi masyarakat dan daerah dengan adanya pembangunan PLTA di Kabupaten Sigi.

Wakil Bupati berharap, dengan adanya PLTA di Sigi, dapat memenuhi kebutuhan listrik di Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Sigi. Selain itu, diharapkan pembangunan ini dapat menyerap tenaga kerja lokal dan meningkatkan perekonomian masyarakat serta daerah secara keseluruhan.(**)