banggai
  • dinas pangan
Daerah  

Pemkab Sigi Dukung Pencanangan Negeri Seribu Megalith

Samuel Yansen Pongi menghadiri Rapat Kordinasi terkait rencana kegiatan pencanangan negeri seribu megalith Sulawesi Tengah yang dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura di Jakarta. FOTO: IST

JAKARTA, ELSINDO– Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi menghadiri Rapat Kordinasi terkait rencana kegiatan pencanangan negeri seribu megalith Sulawesi Tengah yang dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura di Jakarta, Senin 12 Juni 2023.

Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan di Desa Wuasa Napu pada 28 Oktober 2023.

Wabup Sigi dalam Sambutannya menyampaikan, mewakili Pemerintah Daerah Sigi, mendukung dengan adanya Kegiatan ini.

Menurutnya hal tersebut berdampak Positif bagi Sigi, dimana di Sigi juga memiliki Megalith yang terdapat di beberapa Titik yakni di Desa Watunonju Kecamatan Sigi Biromaru, Dolo Selatan, Kulawi Selatan dan Pipikoro.

Berkaitan dengan itu, Kami berharap Kepala Dinas PUPR, ada jalan lingkar Gimpu-Gintu yang mana itu berjarak Kurang Lebih 20 KM, karena kalau itu terjadi maka para sejarawan dan sebagainya dapat memanfaatkan juga Megalith yang ada di Wilayah Kabupaten Sigi.

“Terkait dengan Kegiatan Pencanangan Negeri Seribu Megalith, Kami terus berkordinasi dengan Panitia Provinsi tentang apa saja yang akan kami persiapkan dalam mensukseskan Kegiatan ini, dan juga kami merasa beruntung dengan adanya kegiatan ini dan selanjutnya kami siap untuk mengikuti arahan Selanjutnya,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan Tersebut, Bupati Poso, Wakil Bupati Sigi, Asisten Perekonomian Dan Pembangunan sekertariat daerah Prov. Sulteng, Kepala BPKAD Sulteng, Ka Bapenda Sulteng, KadisPora Sulteng, Kadis Pariwisata Sulteng, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Kadis Bina Marga sulteng, Kepala Biro Adm, Pimpinan, Kepala Biro Hukum dan Kepala Biro Pemerintahan.(**)