• dinas pangan

Penarikan Mahasiswa KKN, Panitia Apresiasi Dukungan AID Kreatif Untad

FOTO BERSAMA- Tampak suasana foto bersama usai seminar dan penarikan KKN, di Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala, Senin/Selasa, 1/2 Agustus 2023. FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) Angkatan 104 program regular pemberdayaan masyarakat desa melalui pengembangan produk lokal halal di Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala, berakhir.

Tanda berakhirnya KKN, Panitia melaksanakan presentase hasil dari program kerja yang dilaksanakan. Kegiata sekaligus penarikan, Senin/Selasa, 1/2 Agustus 2023. Masing-masing mempresentasikan kegiatan dan hasil dari program KKN yang dilaksanakan kurang lebih satu bulan lamanya. Selain itu, pihak desa menampilkan video kegiatan yang dikerjakan bersama mahasiswa KKN, masyarakat, Karang taruna, berkerja sama dengan pemerintah setempat melalui Lurah dan Kepala Desa yang ada di setiap wilayah.

Presentase ditampilkan oleh Desa Ganti, Desa Dondo, Desa Gunung Bale dengan pemaparan singkat terkait program bersih desa, desa cerdas, dan pembinaan serta kepelatihan di bidang seni dan olah raga. Respon masyarakat sangat antusias dalam pelaksanaan Program KKN yang di laksanakan oleh mahasiswa Untad.

H. Rachmady Ibrahim L, S.Sos selaku Camat Banawa, yang baru dilantik kurang lebih satu bulan menyampaikan dukungan penuh kepada mahasiswa KKN 104.

“Rasa syukur yang tak terhingga karena mahasiswa KKN sudah melaksanakan program kerja mereka dengan baik. Saya selaku Camat Banawa merasa terkesan dan semoga jalinan kerjasama yang di bangun bersama Universitas Tadulako membawah keberkahan dalam mengarahan generasi muda beradab, berahlak dan berkualitas menuju generasi emas yang menjanjikan masa depan yang gilang,” ucap camat.

Acara tampak dihelat panitia dengan serius diisi dengan tarian penyambutan tamu-tamu yang dibawakan Art Indonesia Dance (AID) Kreatif Universitas Tadulako.
Pihak pelaksana kegiatan menyampaikan apresiasi dan berterima kasih ke AID Kreatif Universitas Tadulako, yang memberikan dukungan dengan penampilan tari Torata sebagai tarian penjemputan tamu. Tari Torata sendiri merupakan ciptaan Dr. Andi Imrah Dewi S.Pd M.Sn yang dibawakan oleh mahasiswa PGSD Vera Angelia, Yunita dan Andi Alika yang masih duduk di bangku kelas satu sebagai siswi SDN Tondo.

Panitia juga mengucapkan terimakasih kepada para dosen pembimbing lapangan (DPL) yaitu Dr. Muh. Nawawi,M.Si, Dr. Andi Imrah Dewi. S.Pd.M.Sn, Sustri S.Hut. M.Sc , dan Dr. Zeffitni. S.Pd. MT, yang juga hadir bersama dalam kegiatan seminar dan penarikan KKN 104.

Sementara itu, Nawawi selaku penangung jawab DPL KKN 104 dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yang memberikan semangat baru untuk mahasiswa KKN 104. Mahasiswa diharapkan terus berbuat dan melakukan hal yang baik demi kemajuan Pendidikan dan terus bisa menjaga nama baik Universitas Tadulako.

“Terkhusus kepada bapak Camat Banawa, memohon maaf jika ada kesalahan kehilafan yang kurang berkenan selama keberadaan mahasiswa kami di tempat ini. Itu menjadi proses yang berharga untuk mempererat jalinan silaturahmi kita,” pungkas Nawawi. (*/CHL)