• dinas pangan

Presiden RI Bakal Kembali ke Sulteng Resmikan Infrastruktur Pelabuhan di Donggala

Kadishub Donggala, Happy Noor Handayani,. (FOTO: AKIB)

ELSINDO, DONGGALA- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan kembali ke Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk meresmikan infrastruktur pelabuhan di kawasan Teluk Palu, yaitu Pelabuhan Donggala yang terletak di Kelurahan Kabonga Kecil, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Donggala, Happy Noor Handayani, saat dikonfirmasi oleh media ini setelah Presiden RI Jokowi meresmikan Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan pada Rabu (27/03/23).Happy, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa dalam jadwal awal kunjungan kerja Presiden Jokowi, akan meresmikan 3 Pelabuhan yang ada di Teluk Palu. Namun, pada saat Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) beberapa waktu yang lalu, diputuskan bahwa orang nomor satu di Indonesia itu hanya akan meresmikan dua pelabuhan saja, yakni Pelabuhan Wani dan Pantoloan.

“Mengingat pembangunan pelabuhan Donggala belum selesai atau belum rampung pekerjaannya, maka Pelabuhan Donggala belum diresmikan oleh presiden. Tetapi, Insya Allah ada rencana Pak Presiden untuk kembali ke Sulteng dalam kunjungan kerja lagi, sekaligus meresmikan Pelabuhan Donggala yang berada di kecamatan Banawa,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Teluk Palu, Capt Alexander membenarkan hal tersebut. “Iya, rencananya memang Pak Presiden Jokowi bakal datang lagi ke Sulteng, masih ada beberapa lagi infrastruktur yang akan diresmikan termasuk Pelabuhan Donggala yang berada di Kecamatan Banawa,” ujar mantan Kepala KSOP Bontang itu.

Perlu diketahui, Kunjungan Kerja Presiden Jokowi ke Sulteng selama dua hari 26-27 Maret 2024 untuk meresmikan beberapa infrastruktur di beberapa kabupaten di Sulteng sebelum bertolak kembali ke Jakarta pada petang tadi.