banggai
  • dinas pangan

Respons Hermansyah Atas Gelar Adat Bangsawan Gowa untuk Menkumham

TERIMA PENGANUGERAHAN- Menkumham RI, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, menerima penganugerahan gelar adat Bangsawan Kerajaan Gowa pada Jumat, 14 Juni 2024. FOTO: IST

ELSINDO, PALU – Paduka Yang Mulia Raja Gowa ke-38, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Batara Gowa III didampingi Permaisuri Andi Hikmawati Petta Umba, menganugerahkan Gelar Adat Bangsawan Kerajaan Gowa kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D, pada Jumat, 14 Juni 2024.

Gelar tersebut “Mangngassai Daeng Makulle” yang memiliki makna sangat mendalam, yaitu “Orang yang dapat membuat Keputusan yang tepat.” Gelar ini mencerminkan harapan dan kepercayaan yang tinggi bahwa setiap keputusan yang diambil oleh Menkumham selalu tepat, bijaksana, dan membawa kebaikan bagi masyarakat luas.

Dalam konteks Bahasa Makassar, makna ini menegaskan pentingnya kebijaksanaan dan ketepatan dalam setiap tindakan dan kebijakan, khususnya dalam mengangkat seseorang untuk melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Penerimaan Penghargaan tersebut merupakan hal tersebut menjadi api pemantik semangat bagi Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng untuk terus berkinerja dan menjaga nama baik Instansi yang telah agar dapat terus mendapatkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik.

Merespons penghargaan gelar tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menyampaikan bahwa penganugerahan gelar ini tidak hanya merupakan pengakuan atas prestasi dan integritas Bapak Yasonna Laoly, tetapi juga menjadi inspirasi bagi kami semua di Kementerian Hukum dan HAM untuk terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dan membuat keputusan yang adil serta bijaksana.

“Kami bangga memiliki pemimpin yang diakui dan dihormati oleh berbagai kalangan, termasuk Kerajaan Gowa yang memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Kami berharap, dengan gelar ini, bapak Menteri akan semakin termotivasi untuk terus memimpin dengan penuh integritas, keadilan, dan kebijaksanaan,” ucapnya.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan dan kekuatan kepada Bapak dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat,” tambah Hermansyah.

Menutup penyampaiannya, Hermansyah berharap bersama Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng dapat terus mengharumkan nama baik Kementerian Hukum dan HAM dengan menorehkan berbagai prestasi. (*)