banggai
  • dinas pangan
Daerah  

Ribuan Warga Rayakan Idul Adha di Lapangan Desa Panciro Sulawesi Selatan

IDUL ADHA- Ribuan warga berkumpul untuk merayakan Hari Raya Idul Adha di lapangan Desa Panciro, Sulawesi Selatan, pada Senin 17 Juni 2024. FOTO: IST

ELSINDO, SULSEL- Ribuan warga berkumpul untuk merayakan Hari Raya Idul Adha di lapangan Desa Panciro, Sulawesi Selatan, pada Senin 17 Juni 2024. Acara tersebut berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat, menandai salah satu hari besar dalam kalender Islam.

Dalam suasana yang cerah, warga dari berbagai kalangan usia mengenakan pakaian terbaik mereka, berbondong-bondong menuju lokasi shalat Idul Adha. Tampak anak-anak hingga orang tua, semua bersatu dalam semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

Seperti biasa, rangkaian acara dimulai dengan pelaksanaan shalat Idul Adha. Ribuan jemaah berkumpul dengan tertib di lapangan, menghadap kiblat, mengikuti imam yang memimpin sholat. Seusai sholat, khatib membacakan khutbah dan didengarkan oleh warga setempat dengan khidmat.

Setelah pelaksanaan ibadah, akan dilanjutkan dengan kegiatan pemotongan hewan qurban. Hewan-hewan seperti sapi, kambing dipersiapkan untuk disembelih, dan dagingnya akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan, sebagai bentuk solidaritas dan berbagi rezeki dengan sesama.

“Pada perayaan Hari Raya Idul Adha ini, banyak warga yang datang untuk melaksanakan sholat sehingga seluruh lapangan penuh. Berbeda dengan Idul Fitri kemarin, di mana masih terdapat beberapa sisi yang kosong,” ujar Paniti, Takdir Naba.

Setelah selesai pembacaan khutbah, warga pulang ke rumah masing-masing dan saling bermaaf-maafan, sebuah tradisi yang disebut “halal bihalal”. Momen ini menjadi saat yang tepat untuk saling memaafkan atas kesalahan yang dilakukan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, sehingga hubungan antar sesama menjadi harmonis kembali.

Pihak panitia juga telah mengatur segala sesuatunya dengan baik, memastikan bahwa semua kegiatan berjalan lancar dan tertib.

Perayaan Idul Adha tahun ini berlangsung dengan penuh sukacita dan kebersamaan, menjadi momentum untuk meningkatkan rasa syukur dan berbagi kebahagiaan dengan sesama. (*)

*Naskah dan foto kiriman Citizen Reporter, Supardi, dari UIN Alauddin Makassar.

*Follow Saluran WhatsApp elsindo.id untuk terus update berita Sulteng dengan mengklik tautan ini.