• dinas pangan

Sejumlah Tokoh yang Berpotensi Maju di Pilkada Sigi 2024, Ada Nama Hazizah

Pilkada Sigi
Sejumlah tokoh berpotensi maju pada Pilkada Sigi 2024. FOTO: ELSINDO

ELSINDO, SIGI– Kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 di Kabupaten Sigi kurang lebih setahun lagi. Sejumlah tokoh telah muncul ke permukaan, melalui media sosial maupun alat peraga kampanye seperti spanduk untuk menghadapi Pilkada Sigi 2024.

Tokoh masyarakat dan tokoh publik yang berpotensi maju pada Pilkada 2024 sudah mulai terlihat dan eksis.

Para tokoh masyarakat, politisi, pejabat ASN, dan bahkan pengurus partai politik turut menjadi perbincangan.

Di antara tokoh-tokoh yang menjadi perbincangan adalah Moh. Rizal Intjenae, seorang politisi Golkar yang menjadi calon potensial dengan memiliki 5 kursi dari 30 kursi DPRD Kabupaten Sigi.

Dukungan untuknya terlihat dari sejumlah spanduk yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Sigi dengan tulisan “Relawan Rizal Intjenae (RRI)”.

Ditambah lagi belum lama ini, Ketua DPRD Sigi dua periode ini telah menerima surat tugas dari DPD Partai Golkar Sulawesi Tengah sebagai bakal calon kepala daerah.

Selanjutnya ada nama Jamal L Nusu muncul sebagai calon Bupati Sigi dari kalangan ketua partai. Ia merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sigi.

Diberbagai kesempatan, Anggota DPRD Sigi periode 2019-2024 itu tak sungkan-sungkan menyatakan dirinya untuk maju pada Pilkada 2024.

Spanduk Jamal L Nusu For Sigi 1 pun sejak lama sudah tersebar di ruas jalan di wilayah Kabupaten Sigi.

Sama halnya dengan Golkar, Gerindra juga memiliki 5 kursi di DPRD Sigi.

Dari ketua partai Jamal salah satunya yang sudah memunculkan namanya masuk bursa calon Bupati Sigi 2024.

Selain itu, Husen Habibu, seorang tokoh masyarakat yang masih memiliki basis suara dari Pilkada Sigi 2019, juga disebut-sebut sebagai salah satu calon potensial.

Husen Habibu menjadi Calon Bupati Sigi tahun 2019 diusung Partai Nasdem.

Namun jejak politiknya sempat terhenti setelah gagal menjadi Bupati Sigi berpasangan dengan Paulina (Alm).

Meski demikian, Husen merupakan satu di antara kader NasDem yang kembali berpeluang dicalonkan pada Pilkada Sigi 2024.

Kemudian ada nama Sekretaris Kabupaten Sigi, Nuim Hayat yang menjadi salah satu calon bupati Sigi yang potensial dari kalangan ASN lingkup Pemkab Sigi.

Nuim muncul bursa Calon Bupati Sigi karena dianggap mampu memimpin pemerintahan.

Nuim Hayat dinilai sebagai paket lengkap. Jenjang karirnya dinilai cukup matang, mulai dari Camat, kepala badan, dan Kepala Inspektorat, pernah ia pimpin.

Dari kalangan ASN muncul juga nama dr. Nirwansyah Parampasi, Direktur RSUD Madani.

Munculnya Nirwansyah sebagai calon Bupati Sigi tampak dari sejumlah poster di sejumlah wilayah Kabupaten Sigi dan media sosial.

Om dokter sapaan akrab Nirwansyah Parampasi terus bergerak melakukan silaturahmi dengan warga Sigi.

Diketahui dua tahun terakhir nama om dokter kerap disebut masyarakat Sigi. Setiap desa yang dikunjungi, warga selalu antusias menyambut om dokter.

Tak ketinggalan Calon Bupati lainnya yang berpotensi maju pada Pilkada 2024 yakni Hj. Hazizah M. Irwan.

Istri Bupati Sigi dua periode ini menjadi nama lain yang muncul dari partai Golkar.

Dia berpeluang untuk maju Pilkada Sigi, karena banyak memimpin sejumlah ketua organisasi strategis di Kabupaten Sigi, antara lain, Ketua Ketua TP PKK, Ketua Dekranasda, Bunda Genre, Bunda Paud dan lainnya. Selain itu, Hazizah juga miliki basis suara di komunitas Bersama Sahabat Haja Hazizah (Bersahaja).

Hazizah saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Sigi. Ia akan kembali bertarung di Pemilu 2024 sebagai Bacaleg DPRD Sigi Dapil I untuk kecamatan Sigi Biromaru, Sigi Kota, Gumbasa dan Tamanbulava.

Tak hanya itu, nama-nama seperti  Nurzain Djaelangkara, Agus Lamakarate, Ilyas Nawawi, Anas Yalitoba, Imran Latjedi serta Agus Syawal juga masuk dalam bursa calon Bupati Sigi pada Pilkada 2024.

Kesempatan untuk terus membesarkan elektabilitas atau pengaruh di tengah masyarakat masih terbuka lebar bagi figur siapapun.

Meskipun para tokoh masyarakat dan tokoh publik telah bermunculan, suara di Pemilu 2024 menjadi kunci terhadap partai politik dalam mengusung calon bupati dan wakil bupati.(**)