• dinas pangan

Taspen Palu Bayarkan Gaji Tiga Belas Kepada 39.657 Pensiunan

Branch Manager Taspen Cabang Palu, Rieska Destiana Indrajaya.

ELSINDO, PALU – Per 3 Juni 2024, PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri atau Taspen (Persero) Tbk Kantor Cabang Palu melakukan pembayaran gaji tiga belas kepada 39.657 pensiunan maupun ahli waris di Sulawesi Tengah. 

Demikian Hal tersebut disampaikan langsung oleh Branch Manager Taspen Cabang Palu, Rieska Destiana Indrajaya usai ditemui di kantornya, Jalan Prof. Moh Yammin, Kota Palu, Selasa (4/6/2024).

Ia mengungkapkan bahwa untuk jumlah total nilai gaji tiga belas yang dibayarkan pada tahun ini mencapai sebesar Rp123,140 miliar. Sementara penerima juga mengalami peningkatan 6 persen dibanding tahun lalu.

“Kita bekerjasama dengan 10 mitra bayar, terdiri atas 9 bank dan kantor pos. Tahun lalu penerima pensiunan gaji ketiga belas jumlahnya 37.244 peserta, tapi tahun ini naik,” ungkapnya. 

Dijelaskan, ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian Tunjangan Hari raya dan Gaji Ketiga Belas Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2024.

Besaran yang diterima para pensiunan sesuai gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan pangan. Ada yang menarik dari PP ini adalah bagi penerima tidak akan dikenakan potongan apapun alias diberikan secara penuh,” jelasnya.

Selain mendatangi kantor Taspen dan mitra bayar, pihaknya meminta kepada penerima pensiunan dan ahli waris agar melakukan absensi diri melalui sistem aplikasi otentikasi Taspen. Menurutnya, hal itu menjadi salah satu yang dapat memudahkan pelayanan.

“Kami juga mengimbau kepada pensiunan maupun ahli waris penerima THR agar selalu waspada dengan bentuk penipuan yang mengatasnamakan Taspen. Kami meminta peserta maupun penerima berhati-hati dengan modus penipuan. Info resmi bisa dilihat di kanal resmi Youtube dan Instagram Taspen,” imbuhnya. (FA)