ELSINDO, PALU – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen Kantor Cabang Palu memberikan pelayanan maksimal kepada para peserta pensiunan maupun ahli waris penerima pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke 61, Rabu 17 April 2024.
“Pada pelaksanaan HUT Taspen tahun ini, kami mengucapkan rasa syukur dan semangat atas pencapaian di usia yang cukup lama,” ucap Branch Manager Taspen Cabang Palu, Rieska Destiana Indrajaya saat ditemui media ini di kantornya, Jalan Prof. Mohammad Yammin, Kota Palu.
Di tahun ini juga, Taspen mengangkat tema di HUT ke 61 “Melangkah Maju, Mengukir Masa Depan”. Pihaknya berharap menjadi landasan terkait dengan pelayanan kepada para peserta, khususnya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih aktif maupun pensiunan dan ahli waris.
“Kita juga terus mengembangkan berbagai inovasi yang memberikan kemudahan bagi peserta pensiunan. Begitu pula dari sisi digitalisasi, itu menjadi fokus utama kita beberapa tahun terakhir. Apalagi tuntutan era saat ini semua serba digital, sehingga membuat lebih efisien pengguna layanan,” ujarnya.
Namun, dirinya mengaku bahwa hingga kini masih ada beberapa kendala dari sisi geografis dan sebagainya. Tetapi, kata dia, tidak menutup kemungkinan adanya digitalisasi menjadi alternatif Taspen dalam memberikan pelayanan yang maksimal.
“Kita ada beberapa layanan yang dikembangkan, yaitu aplikasi Taspen Mobile. Walaupun penggunaan belum optimal, tapi secara sistem untuk pembayaran pensiun kita tawarkan juga opsi lain melalui aplikasi Taspen otentikasi ke peserta pensiunan maupun ahli waris,” ungkapnya.
Dijelaskan, Taspen otentikasi memudahkan peserta pensiunan bisa melakukan absensi diri menggunakan aplikasi tersebut. Bahkan lewat aplikasi otentikasi, ia mengungkapkan bahwa para pensiunan ASN tidak perlu lagi harus datang ke kantor Taspen karena layanan ini menyediakan semuanya bagi peserta pensiunan.
“Ada pula Layanan Digital Taspen yang dikenal sebagai TOOS (Taspen One Hour Online Service). Layanan ini bertujuan untuk mempermudah Proses Pengajuan Klaim bagi ASN, memungkinkan mereka untuk mengajukan klaim dari mana saja tanpa perlu datang langsung ke kantor Taspen,” jelasnya.
Taspen Cabang Palu terus meningkatkan sosialisasi terkait dengan layanan otentikasi. Pihaknya juga mengimplementasikan berbagai mekanisme penggunaan agar hal ini sebagai langkah untuk layanan aman dan efisien. Selain itu, layanan Taspen melibatkan mitra bayar, seperti perbankan hingga PT Pos Indonesia.
“Berdasarkan data pembayaran di bulan Maret lalu, untuk jumlah pensiunan maupun ahli waris penerima di provinsi, kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tengah sebanyak 39.325 peserta. Dan kalau peserta aktif kurang lebih sekitar 78.351 peserta,” pungkasnya. (FA)