banggai
  • dinas pangan
Daerah  

Tim PDB Laksanakan Bimbingan Teknis Teknologi Pemanggil Ikan

FOTO BERSAMA- Ketua Tim PDB Dr Yuli foto bersama pejabat terkait dan perwakilan peserta bimbingan teknis pada 8-9 Juli 2023 di Aula pertemuan Kantor Desa Ambesia Selatan. FOTO: IST

ELSINDO, PARIMO- Tim Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) melaksanakan bimbingan teknis teknologi pemanggil ikan terhadap warga nelayan Desa Ambesia Selatan Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong (Parimo). Kegiatan dilaksanakan pada 8-9 Juli 2023 di Aula pertemuan Kantor Desa Ambesia Selatan.

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, Kepala Desa Ambesia Selatan Rustam, SP. menyampaikan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, mengingat kedatangan TIM PDB untuk menyampaikan terpilih Desa Ambesia Selatan sebagai lokus pelaksanaan pemberdayaan desa binaan yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Lebih lanjut Rustam menyampaikan harapannya bahwa teknologi tepat guna yang nantinya akan diterapkan khususnya dalam hal meningkatkan hasil tangkap ikan bagi nelayan dapat berdampak pada perubahan mindset nelayan dalam menangkap ikan dan pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Pada kesempatan berikutnya. Ketua TIM PDB Dr. Yuli Asmi Rahman menyampaikan terima kasihnya kepada Kepala Desa dan warga masyarakat atas penerimaan dan dukungan yang baik sehingga berharap kegiatan selanjutnya dapat berjalan sesuai jadwal yang diharapkan.

Pada kesempatan tersebut, Yuli berharap kesediaan masyarakat khsusnya kepada pemilik bagang satu perahu dapat menjadi mitra binaan sekaligus sebagai percontohan penerapan teknologi penangkapan ikan menggunakan lampu pemanggil ikan dengan menggunakan teknologi tenaga surya.

“Dengan menggunakan alat pemanggil ikan berteknologi tenaga surya diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan menjadi 85%. Selain itu, penerapan tenaga surya yang lebih ramah lingkungan dapat mengurangi konsumsi BBM solar. Jadi hasil tangkap ikan meningkat plus nol rupiah biaya BBM ”, lanjut Yuli.

Lebih lanjut Yuli menyampaikan bahwa sesuai jadwal, pelaksanaan kegiatan berlangsung mulai bulan Juni sampai dengan Desember 2023 untuk tahun pertama (tahun 2023). Untuk tahun ini, yang akan dilaksanakan adalah menerapkan alat pemanggil ikan dan power station tenaga surya sebagai sumber penerangan bagang.

Pada kesempatan berikutnya. Kepala UPT Konservasi Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Teluk Tomini Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Jufri Lahmadi, SPi. sangat mendukung kegiatan tersebut dan menyampaikan bahwa salah satu strategi untuk menguatkan komunitas nelayan bagang adalah dengan pengembangan infrastruktur dan teknologi perikanan, hal tersebut tentunya senada dengan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Tim PDB.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah TIM PDB yaitu, Yuli Asmi Rahman, Ahsan Mardjudo, Khairil Anwar, M. Din, tim teknis dan pembantu lapangan, aparatur Desa Ambesia Selatan, dan komunitas nelayan bagang. (*/CHL)