• dinas pangan

Walikota Palu Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2022 ke DPRD

Walikota Palu, Hadianto Rasyid menyampaikan tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2022 pada Rapat Paripurna yang digelar DPRD Kota Palu. FOTO : IST.

ELSINDO, PALU– Pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan DPRD Kota Palu, membahas tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2022 dari Pemerintah Kota Palu, yang digelar, Jumat, 17 Maret 2023.

Rapat Paripurna dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kota Palu Armin Saputra. Dimana terlihat anggota DPRD Kota Palu maupun para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup jajaran Pemerintah Kota Palu.

Pada kesempatan itu, Walikota Palu, Hadianto Rasyid menyampaikan bahwa hal ini berdasarkan dengan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Pasal 18 ayat 1 menyebutkan bahwa kepala daerah menyusun LKPJ sesuai format yang ditetapkan oleh menteri, dan pasal 19 ayat 1 dikatakan kepala daerah menyampaikan LKPJ kepada DPRD dalam Rapat Paripurna yang dilakukan satu kali paling lambat dalam satu tahun paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran selesaikan,” jelasnya.

Diungkapkan, arah pembangunan daerah Kota Palu sudah ditetapkan melalui peraturan nomor 4 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

“Dengan visi membangun Kota Palu yang mandiri, aman dan nyaman, tangguh  serta profesional dalam konteks pembangunan berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan keagamaan,” ungkap Walikota Palu.

Sementara ada empat misi pemerintah Kota Palu yang dijabarkan sesuai Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2022. Di antaranya, membangun perekonomian yang mandiri dan siap bersaing dalam perkembangan ekonomi regional dan global.

Selain itu, membangun kembali tatanan lingkungan yang aman dan nyaman dengan dukungan infrastruktur yang berketahanan terhadap bencana. Kemudian, mengembangkan sumber daya manusia yang tangguh menghadapi perkembangan global dan mampu beradaptasi terhadap bencana dan Covid-19.

“Terakhir, menciptakan pemerintahan yang profesional dan selalu hadir melayani. Sedangkan, nilai pembangunan Kota Palu 2021-2026 meliputi, mandiri, aman, nyaman, tangguh, profesional, berkelanjutan, kearifan lokal, keagamaan yang digaungkan dengan Palu Mantap Bergerak,” paparnya.(MFA)