banggai
  • dinas pangan
Kota  

Akhirnya Gubernur Rusdy Mastura Pulang ke Palu, Warga dan ASN Pemprov Antusias

TIBA DI PALU- Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura tiba Palu disambut pembacaan doa oleh keluarga dan unsur pimpinan Pemerintah Provinsi dan warga sekitarnya, pada Sabtu, 5 Agustus 2023. FOTO: IST

ELSINDO, PALU- Setelah menjalani proses pengobatan selama 5 bulan di Jakarta. akhirnya Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura bisa pulang ke Palu pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Gubernur Rusdy Mastura menggunakan kapal laut Lambelu milik Pelni dan turun di pelabuhan Pantoloan. Tepat pukul 14.15 Wita, Kapal penumpang itu sandar di Pelabuhan Pantoloan.

Disaksikan penumpang lainnya dan warga masyarakat yang berada di pelabuhan, Gubernur menuruni tangga utama Kapal, sambil meneriakkan “Pak Gubernur sehat selalu”.

Nampak pula segenap jajaran ASN Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang dipimpin Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Ma’mun Amir, Sekretaris Provinsi, Novalina beserta Pimpinan OPD lingkup Provinsi Sulawesi Tengah, datang menjemput matahari Sulawesi Tengah itu diatas kapal.

Dari Pantoloan, Gubernur bersama rombongan langsung menuju ke kediamannya yang berada di Jalan Lagarutu. Tiba dirumah, disambut dengan pembacaan doa oleh keluarga dan unsur pimpinan Pemerintah Provinsi dan warga sekitarnya.

Pilihan menggunakan moda transportasi laut tersebut karena sebelumnya Gubernur Rusdy Mastura menghadiri suatu kegiatan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Kepulangan Gubernur Rusdy Mastura tersebut sebagai pertanda bahwa kondisi kesehatan mantan Wali Kota Palu dua periode tersebut, telah menunjukkan perbaikan. Sekaligus harapan Gubernur Rusdy akan lebih optimal lagi menjalankan rutinitas tugas dan tanggung jawab dalam memimpin pembangunan di Sulawesi Tengah.

Sebelum bertolak ke Palu, sebagaimana diketahui bahwa Rusdy Mastura tetap melaksanakan tugas-tugasnya selaku Gubernur Sulawesi Tengah.

Melaksanakan kendali, kontrol dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dari kediaman di Jakarta.

Ada beberapa agenda penting yang dilaksanakan dan dihadiri Gubernur Rusdy Mastura, yaitu menghadiri pertemuan warga Diaspora Sulawesi Tengah, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) pencanangan dan apel Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit bersama Bupati Poso dan Sigi serta Pimpinan perangkat daerah Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, pelantikan pejabat administrator dan pengawas lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pertemuan dengan Duta Besar Maroko dan terakhir menghadiri Pelantikan Pengurus Pusat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Dalam kegiatan Apindo, Gubernur bertemu dan berdiskusi langsung bersama Presiden Joko Widodo dan tamu undangan lainnya.

“Dalam menjalani proses pengobatan, Saya tetap melaksanakan kontrol, pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang sedang berjalan, bahkan turut menghadiri kegiatan-kegiatan pertemuan”, ujar Gubernur Rusdy, dalam suatu kesempatan.

Teragendakan pada Oktober mendatang bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda, Gubernur Rusdy Mastura akan memimpin langsung pelaksanaan pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit dan Apel Seribu Pemuda serta akan melaksanakan kemping di Lembah Lore. (*/CHL)