• dinas pangan

Bawaslu Morut Gelar Apel Siaga, Mewujudkan Integritas dan Keadilan Pemilu

Bawaslu Morut
Bawaslu Morut menggelar apel siaga di Lapangan Morokowa, Kolonodale, Jumat, 9 Februari 2024. FOTO: ISTIMEWA

ELSINDO, MORUT- Bawaslu Morut menggelar apel siaga di Lapangan Morokowa, Kolonodale, Jumat, 9 Februari 2024. Acara ini diikuti oleh seluruh pengawas Pemilu dari tingkat Kecamatan hingga Desa se Morut, dengan mengusung tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Dalam amanatnya, Ketua Bawaslu Morowali Utara (Morut) , John Libertus Lakawa, menyampaikan bahwa pemilu adalah sarana pelaksana kedaulatan rakyat untuk memilih wakil-wakilnya secara demokratis dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Komitmen untuk melaksanakan terselenggaranya Pemilu demokratis harus menjadi tujuan utama bagi penyelenggara Pemilu, baik KPU maupun Bawaslu serta jajarannya hingga ke TPS,” ungkap John.

Dia juga menekankan pentingnya peran Panwaslu dalam pengawasan langsung terhadap proses dinamis pemungutan dan perhitungan suara di TPS. Menurutnya, pengetahuan dan keterampilan Panwaslu menjadi faktor utama dalam mewujudkan integritas proses dan hasil pemungutan dan penghitungan suara.

John juga mengingatkan seluruh pengawas untuk menjaga kesehatan dan kekompakan selama masa pemilu, serta menggunakan teknologi, seperti ponsel pintar, sebagai alat dokumentasi di lapangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut beberapa tokoh penting, antara lain Ketua KPU Morut, Danramil 1311 Petasia, Kacabjari Morut, Komisioner Bawaslu, Kasatpol PP Morut, Kepala Kesbangpol Morut, dan perwakilan dari pihak Polres Morowali Utara.

Acara apel siaga ini ditutup dengan pemukulan pentongan, menandai dimulainya masa tenang menjelang pemilihan pada 14 Februari mendatang.(**)