• dinas pangan

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca di Sulteng, Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Bmkg
Sumber foto dari BMKG Mutiara Palu

ELSINDO, PALU- Pada tanggal 15 Januari 2024, pukul 10:56 WITA, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk Sulawesi Tengah. Potensi terjadinya hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang diidentifikasi pada pukul 11:15 WITA di beberapa wilayah.

Wilayah yang perlu mewaspadai kondisi cuaca ini mencakup sejumlah kabupaten, seperti Banggai, Tolitoli, Buol, Tojo Una-una, dan Morowali Utara. Daerah-daerah seperti Lamala, Balantak, dan Momunu, serta sekitarnya, diimbau untuk bersiap menghadapi potensi dampak cuaca ekstrem.

Peringatan dini juga mencakup kemungkinan meluasnya kondisi cuaca buruk ke wilayah lain, termasuk Batui, Luwuk, dan Basidondo. Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya juga termasuk dalam zona yang potensial terpengaruh. Kondisi cuaca ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 13:30 WITA.

Prakirawan BMKG Sulawesi Tengah mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti perkembangan cuaca terbaru melalui https://nowcasting.bmkg.go.id. Langkah pencegahan dan kewaspadaan diharapkan dapat mengurangi dampak potensial dari cuaca ekstrem ini. (**)