• dinas pangan
Daerah  

Cuaca Ekstrim, BPBD Diminta Aktifkan Forum Pengurangan Resiko Bencana

Rapat Koordinasi terkait menghadapi cuaca ekstrim dan Sistem Pelaporan Penanganan Bencana 2023 serta Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. FOTO: IST

ELSINDO, SIGI– Pemerintah Kabupaten Sigi meminta BPBD segera menyurat ke semua Kecamatan dan Desa untuk mengaktifkan kembali Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB).

“Saya sudah sampaikan kepada Kepala BPBD akan membuat surat resmi kepada Kecamatan dan kepala desa untuk mengaktifkan kembali forum pengurangan resiko bencana baik di kecamatan maupun di desa,” ujar Bupati Sigi, Mohamad Irwan saat Rapat Koordinasi terkait menghadapi cuaca ekstrim dan Sistem Pelaporan Penanganan Bencana 2023 serta Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, Kamis, 2 Februari 2023.

Turut hadir dalam kegiatan ini Unsur Forkopimda Kabupaten Sigi, seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat, dan Seluruh Kepala Desa di Kabupaten Sigi.

Kata Bupati, kita melihat secara bersama bagaimana curah hujan mulai dari Desember sampai dengan saat ini sangat luar biasa, kemudian ada pemberitahuan dari BMKG Pusat bahwa desember sampai dengan februari Kabupaten Sigi masuk dalam daerah waspada.

“Kita ketahui bersama bahwa bencana yang sering terjadi di Kabupaten Sigi adalah banjir, tanah longsor, dan gempa bumi, maka dari itu dengan adanya pemberitahuan dari BMKG ini diharapkan kepada seluruh Kepala desa untuk jadi garda terdepan bersama TNI dan Polri yang ada di Desa untuk berupaya dalam pencegahan dan penanganan bencana di Kabupaten Sigi.(**)