• dinas pangan

Diharap Junjung Tinggi Sportivitas, Puluhan Siswa Disabilitas Ikuti FLS2N, O2SN dan LKSN tingkat Provinsi

Disabilitas
Kadisdik Sulteng, Yudiawati Vidiana, saat menyampaikan sambutan di kegiatan pembukaan O2SN, FLS2N, dan LKS jenjang SLB, di Aula Disdik Sulteng, Minggu malam, 9 Juni 2024. (FOTO: FADEL)

ELSINDO, PALU– Bidang PKLK dan Inovasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, menggelar acara pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan Lomba Kompetensi Siswa Nasional (LKSN), jenjang Sekolah Luar Biasa (SLB) tingkat Provinsi, di Aula Disdik Sulteng, Minggu malam, 9 Juni 2024.

Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Disdik Sulteng, Yudiawati V. Windarrusliana, didampingi Kepala Bidang PKLK dan Inovasi Pendidikan, Nurseha, yang dihadiri sejumlah pejabat Pemprov Sulteng, dan peserta lomba dari SLB se-Sulteng.

Yudiawati mengharapkan, kegiatan ini menjadi salah satu wahana strategis, dalam membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan kemampuan yang dimilikinya se-optimal mungkin, sesuai dengan karakteristik, sehingga mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, koperatif, mandiri dan sehat.

“Kegiatan O2SN, FLS2N, dan LKS, merupakan kegiatan yang sering dilaksanakan di sekolah. Perlu diketahui, bahwa kegiatan ini suatu wahana untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka menyehatkan jasmani, dan daya kreativitas,” katanya.

Kata Yudiawati, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dorongan kepada para disabilitas, untuk meningkatkan kompetensinya pada bidang keterampilan secara optimal, menimbulkan rasa disiplin, rasa toleransi, kompetitif dan sportivitas.

“Saya berharap kepada para dewan juri, betul-betul objektivitas dalam menilai seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kemudian bagi para peserta lomba, agar menjunjung tinggi sportivitas, kalau tidak boleh kecewa, karena kalah menang semua dapat hadiah,” ungkapnya.

Menurut Yudiawati, bagi yang menang nanti, akan mengikuti lomba di tingkat nasional di Jakarta.

Sementara itu, Kabid PKLK dan Inovasi Pendidikan Disdik Sulteng, Nurseha mengatakan, saat ini yang mengikuti lomba dari 25 SLB, dari 32 SLB di Kab/Kota se-Sulteng. Sementara jumlah peserta yang telah mendaftar yakni, untuk jenjang lomba FLS2N sebanyak 20 orang, O2SN berjumlah 35 peserta, LKS 42 peserta.

“Total peseta lomba berjumlah 97 peserta, dan jumlah pendamping sebanyak 64 peserta,” ungkapnya.

Kata Nurseha, untuk kategori lomba di FLS2N ada sebanyak 9 kategori, sementara O2SN terdiri dari 8 cabang lomba, dan LKS ada 9 cabang lomba. (del)

*Follow Saluran WhatsApp elsindo.id untuk terus update berita Sulteng dengan mengklik tautan ini.