banggai
  • dinas pangan

Dinas Ketapang Donggala Gelar GPM ke-11 di Kec. Tanantovea, Tekan Inflasi dan Bantu Masyarakat

Dinas Ketapang
Kepala Dinas Ketapang Donggala, Muhammad Fahri, saat menyampaikan sambutan di GPM ke-11, yang diadakan di Desa Wani 1, Kec. Tanantovea, Selasa, 2 Juli 2024. (FOTO: FADEL)

ELSINDO, DONGGALA– Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Donggala kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Desa Wani 1, Kecamatan Tanantovea pada Selasa, 2 Juli 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk menekan laju inflasi dan meringankan beban masyarakat akibat kenaikan harga bahan pokok.

Sejumlah warga di Desa Wani 1, Kec. Tanantovea, saat membeli sejumlah bahan pokok, di GPM yang digelar di Halaman Kantor Camat Tanantovea. (FOTO: FADEL)

Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Donggala, Muhammad Fahri mengatakan, bahwa GPM kali ini merupakan yang ke-11 dari target 15 kali pelaksanaan di berbagai lokasi di Kabupaten Donggala. “Pemerintah Kabupaten Donggala berkomitmen untuk menjaga keseimbangan harga pangan demi kesejahteraan rakyatnya,” ujarnya.

Fahri menjelaskan bahwa harga bahan pokok yang dijual di GPM ini berada di bawah harga pasar berkat intervensi subsidi dari pemerintah. “Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan GPM ini dengan baik. Sampaikan kepada keluarga, rekan, dan tetangga bahwa GPM hadir untuk meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan pokok,” jelasnya.

Setelah Tanantovea, Dinas Ketapang Donggala berencana melanjutkan GPM di Desa Oti hingga Kecamatan Dampelas. “GPM dilaksanakan mulai pukul 10.00 pagi hingga 15.00 sore,” tambah Fahri.

Sekretaris Camat Tanantovea, Moh. Fajri, menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi Dinas Ketapang Donggala yang memilih Kecamatan Tanantovea sebagai lokasi GPM.

“Gerakan pangan murah ini sangat membantu masyarakat. Kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi di wilayah kami,” katanya.

Pantauan media menunjukkan antusiasme warga Desa Wani 1 yang ramai-ramai mendatangi GPM. Beras, minyak goreng, gula, dan telur adalah beberapa bahan pangan pokok yang disediakan dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran.

Dengan adanya GPM, Pemerintah Kabupaten Donggala berusaha menjaga stabilitas ekonomi daerah dan memastikan bahwa kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi dengan harga yang terjangkau. (del)