• dinas pangan

Disperindag Gelar Pasar Di Halaman Makorem 132/Tadulako

Sesi foto bersama Kadis Perindag Sulteng, Richard Arnaldo dengan Pemimpin Kanwil Bulog Sulteng dan Komandan Korem 132/Tadulako, Brigjen TNI Toto Nurwanto usai membuka kegiatan pasar murah yang dilaksanakan di halaman Makorem 132/Tdl. FOTO : istimewa

ELSINDO, PALU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar kegiatan pasar murah yang berlangsung di halaman Makorem 132/Tadulako, Selasa, 11 April 2023.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Richard Arnaldo Djanggola menyampaikan bahwa pasar murah tersebut dipersiapkan untuk Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah dan memeriahkan HUT Sulteng ke 59.

“Pada kegiatan pasar murah kami menargetkan jumlah transaksi mencapai Rp700 juta lebih. Ini merupakan pasar murah dengan pendapatan tertinggi pada tahun lalu,” kata Richard Arnaldo.

Menurutnya, hal tersebut sebagai penanganan pengendalian Inflasi daerah. Dimana kondisi perekonomian saat ini memberikan efek ganda terhadap pergerakan harga barang kebutuhan pokok di masyarakat.

“Lonjakan harga diyakini bisa terjadi akibat permasalahan tingkat jual dan distribusi. Meski begitu, ia menyebut bahwa Pemerintah mengklaim pasokan bahan kebutuhan pokok masih dalam keadaan aman hingga beberapa bulan kedepan,” terangnya.

Lanjut Kadis, beberapa komoditi pokok seperti minyak goreng, telur ayam, daging ayam, tepung terigu, gula pasir, daging sapi, dan beras sudah dirasakan kenaikannya oleh masyarakat. Apalagi, kata dia, ditambah dengan tingginya permintaan yang tidak diimbangi adanya penambahan stok barang.

“Pada kegiatan pasar murah terhitung selama dua hari, Disperindag Sulteng juga menyediakan harga subsidi beberapa komoditi kisaran antara Rp2-5 ribu. Di antaranya, beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur ayam,” pungkasnya. (TIM)