• dinas pangan
Daerah  

Geografis Strategis, Bupati Delis inginkan Desa Tompira jadi Destinasi Wisata

Bupati Morowali Utara (Morut), Delis J. Hehi saat menghadiri acara peringatan HUT ke-115 Desa Tompira, Sabtu, 25 Februari 2023. FOTO: IST

ELSINDO, MORUT– Berdasarkan sejarahnya dan kondisi terkini, Desa Tompira, Kecamatan Petasi Timur sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata yang menarik.

Hal itu disampaikan Bupati Morowali Utara (Morut), Delis J. Hehi saat menghadiri acara peringatan HUT ke-115 Desa Tompira, Sabtu, 25 Februari 2023.

Dijelaskan, posisi geografis Desa Tompira sangat strategis karena merupakan simpul yang menghubungkan Morowali Utara dengan kabupaten dan provinsi lainnya di Sulawesi.

Selain itu, pembangunan di desa ini sangat masif karena investasi yang cukup besar sehingga pendatang dari luar yang masuk Desa Tompira untuk berbagai keperluan semakin besar.

“Karena itu, desa ini membutuhkan lokasi-lokasi wisata. Pinggiran sungai di desa ini cocok untuk didirikan cafe. Jembatan gantung yang dulu pernah ada di sini ,juga perlu dibangkitkan kembali sebagai salah satu daya tarik wisata,” ujar Delis yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Febriyanthi Hongkiriwang.

Delis meminta Kepala Desa Tompira untuk berkoordinasi dengan Kepala Dinas PUPR dan Kepala Dinas Pariwisata untuk menyusun Tata Ruang Desa Tompira menuju destinasi wisata yang menarik dan untuk menjaga agar pembangunan yang masif di desa ini tidak menjadikan Desa Tompira menjadi semrawut.

“HUT ke-115 kali ini saya harap menjadi momentum bagi semua warga untuk bekerja sama membangun desa menuju desa yang sehat, cerdas dan sejahtera, sesuai moto disepakati bersama yakni Tompira Desa ‘Meti’ yang merupakan akronim dari ‘membangun desa tanpa henti’,” ujarnya.(**)