banggai
  • dinas pangan

Huabao Bersama PJK3 Sertifikasi SIO 181 Operator Alat Berat di Morowali

Huabao
Sejumlah operator alat berat di lingkup perusahaan Huabao, saat ikuti sertifikasi Surat Ijin Operator (SIO), baru-baru ini. (FOTO: IST)

ELSINDO, MOROWALI– PT Baoshuo Taman Industry Investment Group (BTIIG), yang dikenal sebagai Indonesia Huabao Industrial Park (Huabao Indonesia), bekerja sama dengan PJK3 dan Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Tengah, menyelenggarakan sertifikasi Surat Ijin Operator (SIO) bagi 181 operator alat berat di lingkup perusahaan.

Kegiatan ini berlangsung mulai April hingga Mei 2024, terbagi dalam empat batch. Cipto Rustianto, External Relations Manager Indonesia Huabao Industrial Park, menjelaskan bahwa pelatihan dan sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan operator alat berat, serta menciptakan tenaga kerja yang mampu mencegah kecelakaan kerja.

Selama pelatihan, para operator menerima materi tentang kebijakan K3, peraturan perundang-undangan K3 alat berat, dasar-dasar K3, pengetahuan alat berat, serta aspek keselamatan kerja. Materi ini disampaikan oleh narasumber dari Ahli Angkat Angkut PJK3 dan Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Lisensi yang diberikan merupakan lisensi resmi dari Kemenaker dan terdaftar di situs web Kemenaker. Pelatihan ini mencakup berbagai aspek penting dalam operasional alat berat, seperti kebijakan dan peraturan K3, penyebab kecelakaan, serta pengoperasian alat berat yang aman.

Berikut adalah rincian peserta yang mengikuti sertifikasi:

Batch 1 (24 – 27 April 2024)
– Operator DT: 18
– Operator Bulldozer: 1
– Operator Compactor: 1
– Operator Forklift: 4
– Operator Mixer: 4
– Operator Trailer: 2

Batch 2 (28 April – 2 Mei 2024)
– Operator Crane Kapal: 11
– Operator Boom Truck: 1
– Operator Crane Crawler: 7
– Operator Mobile Crane: 2
– Operator Hoist Crane: 9

Batch 3 (3 – 6 Mei 2024)
– Operator Trailer: 3
– Operator Bulldozer: 2
– Operator DT: 13
– Operator Excavator: 10
– Operator Forklift: 2

Batch 4 (7 – 10 Mei 2024)
– Operator Excavator: 13
– Operator DT: 10
– Operator Loader: 7

Batch 5 (11 – 14 Mei 2024)
– Operator Bulldozer: 1
– Operator DT: 2
– Operator Excavator: 14
– Operator Forklift: 4
– Operator Loader: 9

Batch 6 (15 – 19 Mei 2024)
– Operator Hoist Crane: 4
– Operator Crane Crawler: 8
– Operator Mobile Crane: 7
– Operator Boom Truck: 2
– Juru Ikat (Rigger): 10

Tahun lalu, Huabao telah menyertifikasi 119 operator. Dengan komitmen untuk menjadi yang terbaik di Asia dan Indonesia, Huabao terus meningkatkan kualitas dan keselamatan kerja di kawasan industri berbasis smelter nikel ini.

Tentang Huabao

Huabao adalah perusahaan pengelola kawasan industri berbasis smelter nikel yang berlokasi di Desa Topogaro, Morowali, Sulawesi Tengah. Sebagai bagian dari Zhenshi Holding Group, Huabao termasuk dalam jajaran 500 perusahaan teratas di Tiongkok dan berkomitmen untuk menjadi yang terbaik di Asia. (**)