banggai
  • dinas pangan

Jalanan Kota Palu Mulai Dipenuhi Pedagang Bendera

Arif, pedagang musiman yang menjual bendera merah putih dan berbagai pernak-pernik menjelang HUT kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Prof. Mohammad Yammin, Kota Palu. FOTO : istimewa

ELSINDO, PALU – Menjelang momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia, jalanan di Kota Palu terlihat dipenuhi para pedagang yang menjual bendera merah putih dan berbagai pernak-pernik hari kemerdekaan 17 Agustus.

 

Pantauan Elsindo di beberapa lokasi, salah satunya di sepanjang Jalan Prof. Mohammad Yammin hingga sebagian wilayah di Kota Palu dipenuhi oleh penjual musiman yang menjajakan bendera merah putih, Rabu, 2 Agustus 2023.

 

Arif, salah satu pedagang mengakui bahwa saat ini tujuannya ialah berjualan dan hanya sekadar promosi kepada masyarakat yang ingin mencari umbul-umbul atau bendera mendekati HUT RI agar bisa langsung mendatangi lapak jualannya. 

 

“Penjualan normal seperti biasanya sudah hampir sepuluh hari di sini. Kadang juga pembeli masih sedikit. Bahkan tidak ada dalam sehari, tapi paling tidak saya bisa promosi, karena masih lama juga hari kemerdekaan,” kata Arif   

 

Ia memperkirakan bahwa puncak lonjakan pembeli akan terjadi mulai H-5 hingga sampai dengan mendekati hari perayaan HUT kemerdekaan RI. Tidak hanya itu, lanjut Arif, barang yang ia jual pun juga dapat laku banyak melampaui ekspektasi. 

 

“Sementara untuk pasokan umbul-umbul dan bendera kami dapatkan dari Kabupaten Garut. Kalau soal harga barang mulai dari Rp5 ribu yang berbentuk asesoris dan paling mahal itu Rp350 ribu sampai Rp400 ribu jenis umbul-umbul dan bendera,” tuturnya.. 

 

Diakuinya, berdasarkan pengalaman selama ini yang mendongkrak penjualan yaitu pembelian dalam jumlah banyak dari berbagai instansi pemerintahan, instansi vertikal, perbankan hingga perusahaan swasta yang sudah tentu tidak ingin melewati momen HUT RI tanpa pernak-pernik hari kemerdekaan.

 

“Ya kalau nanti sudah selesai, disimpan lagi buat dijual tahun depan. Tahun lalu penghasilan yang saya peroleh bisa mencapai Rp10 jutaan. Tapi kemungkinan, tahun ini diharapkan dapat lebih dari itu sesuai barang terjual per hari,” jelasnya. (Tim)