• dinas pangan

Jemaah Haji Kloter 11 BPN Tiba di Madinah

FOTO BERSAMA-Sejumlah petugas haji saat berkunjung ke Sektor 2 di Madinah dalam rangka berkoordinasi, bersama Dirjen PHU Kemenag RI, baru-baru ini. /FOTO:IST

ELSINDO,PALU– Rombongan jemaah haji asal Provinsi Sulteng yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 11 Embarkasi/Debarkasi Balikpapan (BPN-11) telah tiba di Madinah, setelah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di Makkah.

Ketua Kloter BPN-11, H. Nurkhairi menyebutkan, bus terakhir yang ditumpangi kloter BPN-11 tiba di Madinah pada Rabu, 12 Juli 2023, sekira pukul 18.17 Waktu Arab Saudi (WAS).

“Terlambat 1 jam 17 menit dari jadwal kedatangan, dikarenakan terjadinya kerusakan bus, sehingga harus gati bus,” kata Nurkhairi, melalui pesan WhatsApp, belum lama ini.

Selanjutnya, seluruh jemaah mulai melaksanakan rangkaian Arbain atau salat 40 waktu berturut-turut di Masjid Nabawi, dimulai pada waktu salat magrib pada hari tiba. Jemaah haji kloter BPN-11 menempati hotel Arjuwan Dzahabi di Madinah.

Nurkhairi menyebutkan, jumlah jemaah haji BPN-11 yang berangkat dari Makkah sebanyak 294 orang. Jumlah tersebut berkurang dari jumlah sebelumnya, karena dua orang jemaah haji BPN-11 sebelumnya dilaporkan wafat di Makkah, yakni Rosnawati Hairudin dan Muhammad Nur Malese.

Selaiin itu, dua orang lainnya jemaah haji kloter BPN-11 dilaporkan masih tertunda keberangkatan menuju Madinah, karena sedang dirawat. Keduanya yakni Arifudin Ahmadia Husen yang dirawat di Makkah Medical Center, dan Hadidjah Mochsen Rifai yang dirawat di Heraa Hospital.

Sementara satu jemaah lainnya atas nama Kalsum Mochsen Rifai juga tertunda keberangkatannya ke Madinah atas rekomendasi dokter, karena mendampingi saudara kembarnya (Hadidjah Mochsen Rifai) di Heraa Hospital. (**)