Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu Torehkan Capaian Kinerja Gemilang Tahun 2024

Kepala Kanim Palu, Soeryo Tarto Kisdoyo, (tengah) didampingi jajaran menyampaikan terkait torehan kinerja selama 2024, Jumat, 20/12/2024. FOTO: ELSINDO.

ELSINDO, PALU – Kinerja Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Palu sepanjang tahun 2024 sangat gemilang. Capaian kinerja 2024 dipaparkan oleh Kepala Kanim Palu, Soeryo Tarto Kisdoyo, didampingi jajaran kepada awak media di Palu, Jumat, (20/12/2024).

“Untuk anggaran Kantor Imigrasi Tahun 2024 sebanyak Rp11.544.062.000. Pagu ini terealisasi mencapai 96,35 persen per 18 Desember 2024,” ungkap Soeryo.

Dia juga mengungkapkan Kantor Imigrasi Palu berhasil mencatatkan peningkatan signifikan dalam penerbitan Paspor yang ditarget hanya 7.000 permohonan, tapi bisa terealisasi jauh melampaui.

“Sebanyak 16.095 Paspor berhasil diterbitkan. Ini mengalami lonjakan yang cukup signifikan,” ucap Soeryo.

Kanim Palu juga mencatat pembatalan Paspor di angka 63 permohonan. Pembatalan ini disebabkan beberapa hal, salah satunya pemohon tidak mengambil paspor yang telah diterbitkan.

“Paspor yang dibatalkan kami lakukan pengguntingan untuk mencegah penyalahgunaan,” ucapnya.

Peningkatan permohonan paspor didominasi untuk kebutuhan ibadah seperti umroh dan ibadah haji. Namun pencapaian tersebut tidak terlepas dari peningkatan kualitas pelayanan Kantor Imigrasi yang menghadirkan berbagai inovasi.

Ini juga didukung pelayanan jemput bola Eazy Passport selama tahun 2024. Sepanjang 2024, program Eazy Passport terlaksana sebanyak 32 kegiatan. Untuk paspor siaga 5 kegiatan dan paspor simpatik 7 kegiatan.

Kanim Palu juga melaksanakan sejumlah kegiatan dalam pengawasan perlintasan dan aktifitas warga negara asing di daerah ini. Untuk program Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Kanim Palu berhasil menyumbang Rp9,306 miliar ke negara.

“Target PNBP untuk Imigrasi Palu Rp3,147 miliar. Realisasi kami jauh dari target mencapai 295,64 persen,” ujar Soeryo.

Dalam menjalankan berbagai program tersebut, Kanim Palu menggandeng sejumlah media cetak dan online serta memanfaatkan saluran media sosial yang dimiliki Kantor Imigrasi Palu untuk menyebarluaskan informasi.

“Komitmen kami terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandas Kepala Kanim Palu. (FA)