banggai
  • dinas pangan

Kasus Lakalantas Tinggi, Alwin Harap Pelajar Budayakan Tertib Berlalu Lintas

PEMAPARAN- Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Sumbar, Alwin Bahar, menyampaikan pemaparan saat kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, Selasa, 29 Agustus 2023. FOTO: DOK JR SUMBAR

ELSINDO, PADANG- Alwin Bahar, selaku Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat (Sumbar), mengharapkan pelajar tertib dalam berlalu lintas. Hal ini menjadi perhatiannya karena angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar cukup tinggi di Sumbar.

“Angka kecelakaan di Sumatera Barat cukup tinggi dengan korban didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. Olehnya penting sekali menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas kepada pelajar agar mereka aman dan selamat saat berkendara dan sampai ke tempat tujuan,” ucap Alwin, Kamis, 31 Agustus 2023.

Kata Alwin, Jasa Raharja Sumbar sangat mengapresiasi kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan tingkat provinsi Sumatera Barat tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas Perhubungan setempat bekerjasama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sumbar pada Selasa dan Rabu, 29-30 Agustus 2023.

FOTO BERSAMA- Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Sumbar, Alwin Bahar, foto bersama peserta pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, Selasa, 29 Agustus 2023. FOTO: DOK JR SUMBAR

“Kami sangat mendukung kegiatan Pelajar Pelopor Keselamatan ini sebagai upaya mendukung program pencegahan terjadinya laka lantas dengan menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas kepada pelajar,” ujarnya.

Saat kegiatan tersebut, Alwin memparkan tentang peran dan fungsi Jasa Raharja. Disebut, Jasa Raharja berperan memberikan perlindungan bagi para penumpang angkutan umum resmi dan menyerahkan santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas sesuai dengan program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Sumber dana santunan bersumber dari Iuran Wajib (IW) yang dibayarkan para penumpang angkutan umum resmi bersamaan dengan pembelian tiket dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLL) yang dibayarkan pemilik kendaraan bermotor bersamaan dengan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) setiap tahunnya di kantor bersama Samsat.

“Kami mengharapkan melalui pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan bisa menjadi upaya dalam menekan kasus kecelakaan lalu lintas di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang,” tandas Alwin. (CHL)