banggai
  • dinas pangan

KPU Palu Resmi Lantik 40 PPK untuk Bertugas di 8 Kecamatan

Kpu
Ketua KPU Palu, Idrus, bersama komisioner KPU lainya, serta anggota PPK, saat foto bersama usai dilantik, di salah satu Hotel di Palu, Kamis, 16 Mei 2024. (FOTO:IST)

ELSINDO, PALU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, resmi melantik 40 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang ditempatkan di delapan Kecamatan di Kota Palu. Pelantikan tersebut diselenggarakan di salah satu Hotel di Palu, Kamis, 16 Mei 2024.

Ketua KPU Kota Palu, Idrus mengatakan, yang dilantik ini adalah para mantan penyelenggara pemilu. Dari 40 PPK ada 6 yang betul-betul masih baru, dan 34 orang telah berpengalaman.

“Anggota PPK yang baru ini memiliki kompetensi yang baik, ada yang sudah sarjana S2. Yang jelas sumber daya yang kita memiliki baik, olehnya kita menetapkan dan melantik 40 PPK,” kata Idrus.

Kata Idrus, dari 40 orang yang dilantik ini, terdapat 12 perempuan artinya keterpenuhan pasal 5 ayat 2 PKPU 8 2022, keterwakilan perempuan telah terpenuhi.

“Hari ini juga selain diadakan pelantikan, juga dilaksanakan Bimbingan Teknis, jadi ada beberapa materi yang akan disampaikan untuk menguatkan secara mentalitas, spiritual dan intelektual para anggota PPK,” ujarnya.

Idrus mengatakan, bimbingan teknis ini mencakup berbagai materi penting yang harus dipahami oleh setiap anggota PPK.

“Selain itu, ada beberapa aspek yang kami nilai selama pelatihan ini, seperti pengetahuan kepemiluan, komitmen terhadap tugas, dan rekam jejak masing-masing anggota,” katanya.

Olehnya itu, kata Idrus, pelaksanaan bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan integritas anggota PPK, sehingga mereka mampu menjalankan tugas dengan baik dan memastikan kelancaran proses pemilihan di tingkat kecamatan. (del)