• dinas pangan

KPU Sigi Gelar Bimtek untuk PPK, Perkuat Kapasitas Badan Adhoc

KPU Sigi
KPU Sigi mengadakan Bimbingan Teknis untuk Panitia Pemilihan Kecamatan.

ELSINDO, SIGIKPU Kabupaten Sigi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di salah satu hotel di Kota Palu selama dua hari, 24-25 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas badan ad hoc dalam rangka penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sigi pada tahun 2024.

Ketua KPU Kabupaten Sigi, Soleman menekankan pentingnya Bimtek ini untuk memastikan seluruh anggota PPK memiliki pemahaman yang mendalam dan komprehensif mengenai tugas dan tanggung jawab mereka.

“Saya berharap agar proses ini berjalan dengan baik. Dibutuhkan integritas dan profesionalisme, jaga amanah dan tanggungjawab dari setiap penyelenggara pemilu, termasuk PPK,” ujar Soleman dalam sambutannya.

Bimtek ini diikuti oleh 75 anggota PPK dari 15 kecamatan di Kabupaten Sigi. Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek teknis dan substantif pemilu, seperti tata cara pemungutan dan penghitungan suara, penanganan sengketa pemilu, etika penyelenggara pemilu, hingga regulasi pada tahapan calon perseorangan. Selain itu, diberikan juga penjelasan mengenai regulasi yang harus dipahami oleh setiap anggota PPK.

“Pada tahapan saat ini diharap peserta PPK membaca regulasi pada tahapan calon perseorangan,” sebutnya.

KPU Kabupaten Sigi berharap, melalui Bimtek ini, semua anggota PPK dapat menjalankan tugas dengan lebih baik, profesional, dan berintegritas, sehingga pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sigi dapat berjalan lancar dan demokratis.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Nisbah. Ia menekankan pentingnya kode etik dalam pelaksanaan tugas-tugas pemilu.

Ia juga menjelaskan mengenai struktur kelembagaan KPU dan PPK, serta bagaimana tata kerja di tingkat kecamatan harus dijalankan. Menurut Nisbah, pemahaman yang baik tentang kelembagaan dan tata kerja adalah kunci untuk memastikan koordinasi yang efektif dan efisien antara berbagai tingkat penyelenggara pemilu.

Nisbah berharap pada bimtek ini diterapkan Metode Brainstorming Bimtek ini bersifat partisipatif, di mana peserta diajak untuk aktif berdiskusi.

Turut hadir dalam bimtek tersebut, Komisioner KPU Sigi, Rosnawati, Apriyanto, Suandi Tamrin, Ketua Bawaslu Sigi, Hairil serta peserta bimtek.(**)