• dinas pangan

Layanan Bank BTN KCP Poso Resmi Dioperasikan

Kepala Kantor Wilayah V Bank BTN, Harman Soesanto (kiri) memberikan cenderamata kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Frits Sam Purnama Kandori saat peresmian Bank BTN KCP Poso. FOTO : istimewa

ELSINDO, POSO – Layanan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang merupakan Kantor Cabang Pembantu (KCP) di wilayah Kabupaten Poso secara resmi telah dioroperasikan pada Kamis, 19 Januari 2023.

 

“Awal tahun 2023 ini, Bank BTN semmakin ekspansif dalam mengembangkan lini bisnisnya dengan membuka outlet baru, kali ini adalah di bagian Indonesia Timur khususnya di Poso,” ujar Kepala Kantor Wilayah V Bank BTN, Harman Soesanto.

 

Pihak Bank BTN mengharapkan agar kehadiran outlet baru ini dapat melayani kebutuhan finansial seluruh masyarakat Kabupaten Poso, baik untuk tabungan, investasi maupun pengembangan usaha.

 

“Bank BTN KCP Poso telah “Go Live “ mulai per tanggal 5 Desember 2022 lalu, dengan beralamatkan di jalan Pulau Sabang, Kelurahan Kayamanya, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah,” ungkap Harman Soesanto. 

 

Adapun Bank BTN KCP Poso merupakan salah satu Kantor Cabang Pembantu dibawah koordinator Kantor Cabang Bank BTN Palu, sehingga saat ini Bank BTN KC Palu memiliki 2 (dua) KCP, yaitu KCP Morowali dan KCP Poso. 

 

Latar belakang dari pembukaan outlet baru di Poso ini adalah menjalankan misi Bank BTN yaitu untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui kepemilikan rumah. 

 

“Serta meningkatkan layanan jasa perbankan kepada masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Poso dan sekitarnya. Sehingga dengan kehadiran BTN KCP Poso dapat menangkap potensi bisnis yang ada khususnya di sektor property,” jelas Harman Soesanto. 

 

Sementara untuk sektor usaha property juga dinilai sangat potensial. Maka dari itu, pihak Bank BTN mencoba menjajaki peluang ini dengan menawarkan sejumlah produk unggulan, seperti Tabungan Bisnis, KRING dan tentu saja KPR subsidi maupun non Subsidi.

 

Adapun di Kabupaten Poso terdapat 15 pengembang atau yang masuk dalam keanggotaan Real Estate Indonesia (REI) Sulteng. Dari Data Statistik yang disampaikan Pemerintah setempat terdapat 15% Rumah Tangga di Kabupaten Poso yang belum memiliki rumah.

 

“Kami targetkan dalam 5 tahun ke depan KCP Poso dapat membukukan penyaluran KPR sebesar kurang lebih Rp200 miliar, dengan jumlah total keseluruhan kurang lebih sebanyak 4.800 nasabah,” kata Harman Soesanto. 

 

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Frits Sam Purnama Kandori yang mewakili Bupati Poso, dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang mengapresiasi atas pembukaan KCP Bank BTN. Menurutnya, hal ini adalah dorongan terhadap  sektor perekonomian di daerah.

 

“Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran manajemen Bank BTN. Semoga adanya Kantor Cabang Pembantu (KCP) ini warga Kabupaten Poso yang belum memiliki rumah bisa mengajukan kredit di bank yang kita kenal sebagai pelopor KPR,” ucap Sekab Poso. (TIM)