• dinas pangan

MAN 2 dan UIN Datokarama Bersinergi Tingkatkan Kompetensi Guru

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala MAN 2, Muh Syamsu Nursi, dan Rektor UIN Datokarama, Profesor Lukman S Thahir. FOTO: IST

ELSINDO, PALU– Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 2 di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengumumkan kemitraan strategis dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama guna memperkuat kompetensi para guru di lembaga pendidikan tersebut.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala MAN 2, Muh Syamsu Nursi, dan Rektor UIN Datokarama, Profesor Lukman S Thahir, yang berlangsung di Palu Selasa, 9 Januari 2024 menandai dimulainya kolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan.

Rektor UIN Datokarama, Profesor Lukman S Thahir, menyatakan kesiapan perguruan tingginya dalam mendukung pengembangan kompetensi guru di MAN 2 Palu.

“Komitmen UIN Datokarama dalam meningkatkan kualitas pendidikan merupakan salah satu dari prioritas kami untuk memajukan sumber daya manusia yang berkualitas,” ujarnya.

Peningkatan kompetensi guru menjadi fokus utama dalam kesepakatan kerjasama, yang menyoroti aspek pengembangan sumber daya manusia sebagai bagian dari visi bersama kedua institusi.

Dokumen kerja sama tersebut menegaskan bahwa tujuan utamanya adalah untuk saling mendukung dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kepala MAN 2 Palu, Muh Syamsu Nursi, menyatakan bahwa salah satu tujuan kolaborasi ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan mutu tenaga pendidik serta lulusan.

“Kami berharap kerjasama ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di madrasyah, tetapi juga akan melibatkan para guru, tenaga kependidikan, dan siswa dalam rangkaian kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh UIN Datokarama,” tambahnya.

Kerjasama ini diharapkan akan membawa kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan di MAN 2 Palu serta meningkatkan kompetensi para pendidik dalam mempersiapkan generasi masa depan yang siap menghadapi tantangan global.(*/ton)