• dinas pangan

Orangtua Sepakat Beri Sumbangan Untuk Penuhi Sapras MAN 2 Palu

Kepala MAN 2 Palu, Syamsu Nursi, saat memaparkan kondisi sarana prasaran MAN 2 Palu, di rapat komite bersama orangtua, baru-baru ini. / FOTO: IST

ELSINDO, PALU– Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu telah menjelang usai dan akan segera memasuki masa pembelajaran reguler. Demi memaksimalkan pelayanan bagi proses pembelajaran, khususnya terkait dengan sarana prasana madrasah, pengurus Komite MAN 2 Kota Palu menginisiasi pelaksanaan rapat komite bersama para orang tua/wali peserta didik baru, di Auditorium KH. Cholil Bisri MAN 2 Kota Palu, Sabtu, 8 Juli 2023.

Rapat komite mencapai kesepakatan secara bersama bahwa orang tua/wali siswa setuju untuk memberi sumbangan meubiler dan kebutuhan dasar kesiswaan sebesar Rp 840.000 yang hanya akan dibayarkan pada tahun pertama selama siswa menjalani studinya di madrasah. Dengan menempatkan proses belajar mengajar sebagai prioritas utama, rapat kemudian juga menyepakati pemberian bantuan Sumbangan Operasional Madrasah sebesar Rp 125.000 secara rutin di setiap bulannya melalui Komite Madrasah.

Ketua Komite MAN 2 Kota Palu, Sahrir, mengatakan, kesepakatan tersebut dicapai secara bersama dan aklamasi, namun tetap mempertimbangkan serta menyesuaikan dengan tingkat kesanggupan ekonomi dari masing-masing orang tua/wali.

“Besaran nominal tersebut tidak kami tetapkan, namun tercapai sesuai kesepakatan agar terdapat keseragaman agar dapat saling bahu membahu demi tercapainya pelaksanaan program madrasah yang pada intinya demi kebaikan pendidikan putra-putri kita di masa yang akan datang,” kata Sahrir. 

Selain itu, rapat juga memutuskan akan memberikan beberapa keringanan pembiayaan, utamanya bagi peserta didik yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu PKH atau bagi orang tua yang memiliki lebih dari satu anak yang sedang bersekolah di MAN 2 Kota Palu.  

Seluruh kesepakatan bersama yang dicapai sebagai hasil rapat komite tersebut disusun dan dimuat dalam berita acara rapat komite yang ditandatangani oleh Pengurus Komite. Berita acara tersebut juga turut melampirkan peryataan resmi orang tua/wali peserta didik secara tertulis tentang kesediaan untuk berperan serta dalam memberikan bantuan kepada madrasah sesuai yang disepakati demi tercapainya peningkatan kualitas pendidikan di MAN 2 Kota Palu.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pengurus Komite Madrasah yang telah menyampaikan program madrasah kepada para orang tua/wali peserta didik.

Sedang kepada pihak orang tua/wali peserta didik, secara khusus Syamsu juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kontribusi baik berupa saran maupun sumbangan anggaran yang telah diberikan selama ini, hingga memungkinkan program madrasah dapat berjalan dan terlaksana dengan baik dan lancar. (*/AM)